Peringati Hari Patriotik 23 Januari, Sejumlah Iven Bakal Digelar KKIG Manado

  • Whatsapp

Manado, detiKawanua.com – Menjelang peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 ke-78, Pengurus DPC Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Kota Manado kembali akan menggelar sejumlah kegiatan dan lomba.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Ketua KKIG Manado Hi Amir Liputo kepada awak media, Rabu (8/1/2020) lalu.

Muat Lebih

Menurut Amir, kegiatan rutin tahunan ini merupakan agenda KKIG Manado untuk memaknai sejarah besar yang tak bisa dilupakan oleh orang Gorontalo dimanapun berada.

“Kami segenap pengurus keluarga besar paguyuban KKIG Manado akan melaksanakan perhelatan peringatan Hari Patriotik Gorontalo 23 Januari 1942. Sejumlah kegiatan dan lomba kesenian Gorontalo akan akan dilaksanakan di Kota Manado, mulai tanggal 19 Januari sampai pada puncak acara tanggal 26 Januari 2020,” ujar Liputo.

Selain memperingati hari patriotik dan jasa Nani Wartabone cs, menurut Liputo, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan budaya Gorontalo. Oleh sebab itu acara ini akan disponsori oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo dan akan melibatkan seluruh warga Manado asal Gorontalo.

Liputo juga berharap agar seluruh masyarakat Kota Manado khususnya orang Gorontalo untuk dapat mensukseskan kegiatan ini.

Untuk persiapan pelaksanaannya dijelaskan oleh Hery Anwar selaku Ketua Panitia Pelaksana. Menurut Hery, pihaknya sedang mematangkan seluruh kerja-kerja yang telah dilakukan panitia.

“Saat ini kami tinggal mematangkan persiapan pelaksanaannya nanti dengan terus berkoordinasi dengan semua pihak dan elemen pendukung. Kami juga selalu melakukan evaluasi untuk memantapkan kerja panitia baik dari segi tekhnis maupun perangkat pendukung lainnya di lapangan,” jelas Anwar.

Untuk lomba seni budaya Gorontalo dikatakan oleh sekertaris panitia Jusni Husain, bahwa KKIG Manado akan menggelar Lomba KKIG Idol, Pemilihan Uti dan Nou KKIG Manado, Lomba Dana-Dana, dan Lomba Makanan Khas Gorontalo.

“Untuk kegiatan lainnya, kami akan melakukan Ziarah ke Makam Pahlawan, Anjangsana ke Panti Asuhan, Jalan Sehat Warga Manado asal Gorontalo, dan Silaturrahmi dengan Tokoh Gorontalo. Untuk waktu dan tempat pendaftaran lomba telah dibuka di Asrama Huyula, sejak tanggal 7 – 17 Januari 2020,” urai Husain.

“Pembukaan Rangkaian Acara Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 2020, akan dilaksanakan hari Minggu 19 Januari 2020, pukul 19.30 Wita di Taman Kesatuan Bangsa Manado.

Untuk informasi pendaftaran peserta lomba dan hal teknis lainnya, bisa menghubungi kami panitia di sekertariat Asrama Huyula, Jalan Sudirman, Manado,” tandasnya.

(*/Redaksi)

Pos terkait