Pekan Depan, BKPSDM Boltim Serahkan Kartu Peserta Ujian

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan penyerahan kartu peserta ujian bagi pelamar CPNS sebanyak 1.212 pelamar yang lulus berkas setelah pengumuman seleksi administrasi akhir tahun 2019 kemarin.

Dikatakan, Kepala BKPSDM Boltim, Rezha Mamonto pengumuman pengambilan kartu peserta ujian seleksi tes kompetensi dasar (SKD) dibagi dua tahap yakni, formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan dijadwalkan pada Senin (13/01/2020), sedangkan formasi tenaga teknis dijadwalkan pada Selasa (14/01/2020). Masing-masing waktu pengambilan kartu peserta ujian dimulai pukul 08.00 WITA sampai dengan 16.00 WITA. “Jadwal pengambilan kartu peserta ujian itu, pekan depan pada Senin sampai Selasa,” terang Rezha, saat disambangi diruang kerjanya, Kamis (9/01).

Bacaan Lainnya

Pengambilan kartu peserta ujian, kata Rezha, tidak dapat diwakilkan. Dan wajib membawa atau menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.

“Kalau tidak ada KTP, bisa dengan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Juga harus menggunakan pakaian bebas tetapi rapi,” ucapnya.

Hal ini guna menindaklanjuti surat pengumuman panitia pelaksanaan seleksi CPNSD Kabupaten Boltim, sehingga disampaikan kepada pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi agar, dapat melakukan pengambilan kartu peserta ujian. “Tempat pengambilan kartu peserta ujian di kantor BKPSDM Boltim,” katanya.

Sementara itu, lanjut dikatakannya untuk lokasi ujian tes CPNS, berdasarkan Rapat koordinasi (Rakor) bersama BKD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan BKN regional XI pada akhir tahun 2019 kemarin, maka pelaksanaan ujian dilaksanakan di Sutan Raja Hotel Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

“Ini untuk mengefisiensi waktu dan hemat tenaga. Jadi peserta hanya datang duduk dan mengikuti ujian, pengawasnya langsung dari BKN,” jelas Rezha.

Dirinya menambahkan, sesuai informasi terakhir diperoleh akan ada BPKP, BPK, KPK dan Kepolisian yang nantinya akan turun mengawasi langsung jalannya tes seleksi CPNS mendampingi BKN.

“Untuk jadwal pelaksanaan masih bersifat tentatif. Kita menyesuaikan jadwal diakhir bulan Januari atau awal bulan Februari,” sebutnya.

Berdasarkan hasil Rapat koordinasi (Rakor) dengan BKN dan BKD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada akhir tahun 2019 kemarin, terkait dengan tempat pelaksanaan ujian nanti.

“Untuk tempat pelaksanaan ujian yakni di hotel Sutanraja tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), yang kemungkinan dilaksanakan awal Februari tahun ini 2020. Warktu pelaksanaan ujian tergantung dari jumlah peserta ujian. Sebab akan dibagi sesi pelasanaan ujian nanti. Sehingga, kita perkirakan 2 hari waktu pelaksanaan ujian. Untuk pengawas ujian itu langsung dari pihak BKN, BPKP, BPK serta pihak kepolisisan,” terangnya.

Bagi peserta ujian bersiap guna menghadapi ujian, banyak belajar. Untuk pengambilan kartu peserta ujian, saya mengimbau harus yang bersangkutan langsung mengambil kartu ujian. Tidak ada diwakilkan kepada siapapun.

“Harus peserta yang mengambil kartu ujian. Jangan percaya kepada oknum-oknum yang tidak bertanggungkawab (calo-red) yang mengaku bisa mengambil kartu ujian dengan meminta imbalan apapun bentuknya. Sekali lagi tidak ada perwakilan pengambilan kartu ujian, wajib peserta sendiri yang menerima kartu ujian,” tegas Rezha.

Diketahui, jumlah peserta pelamar CPNS Boltim 1438 orang. Sedangkan lulus administrasi atau berkas 1210 orang. 143 orang tidak memasukan administrasi. Yang tidak lulus berkas 85 orang. (Fidh)

Pos terkait