Bakal Lakukan Pelatihan Ratusan Pemandu Wisata, Ini Kata Rizky

  • Whatsapp

Kadispar Boltim, Rizky Lamaluta

Boltim, detiKawanua.com -Untuk menigkatkan daya tarik serta promosi destinasi objek wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Dinas Pariwisata (Dispar), berencana lakukan Delapan jenis pelatihan bagi 320 lebih pemandu wisata.

Bacaan Lainnya

Program rencana tersebut, dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Boltim, Rizky Lamaluta bahwa untuk mempersiapkan di masing-masing destinasi wisata yang ada di Boltim, pihaknya membuka kesempatan bagi pemuda Boltim untuk pelatihan sebagai pemandu wisata.

“Kita rencanakan, ada delapan jenis pelatihan untuk persiapkan masing-masing destinasi wisata di Boltim. Pelatihan dimaksud diantranya diving, paralayang, kuliner, pengelolah destinasi wisata Home stay, serta beberapa pelatihan lainya,” jelas Risky, Rabu (22/01).

Lanjutnya, untuk waktu pelatih bakal dilakukan pada bulan Februari mendatang kita mulai action.

“Angaranya senilai Rp 1,1 Miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kita butuhkan, sebanyak 320 orang pemandu wisata yang berminat mengikuti pelatihan nanti. Jadi, setelah direkrut akan dapat sertifikat dari Dispar Boltim. Ini bekal setelah mereka menjadi petunjuk pemandu bagi wisatawan yang berkunjung di lokasi destinasi wisata Boltim. Pelatihan tersebut, juga berdampak positif kepada mereka, juga nantinya akan dirasakan oleh para pengunjung destinasi wisata, baik wisatawan lokal dan wisatawan asing, yang datang berkunjung,” jelasnya.

Dia menambahkan, ini dinilai penting guna promosi dan pengembangan lokasi wisata.

“Pelatihan ini, bertujuan untuk mendukung daerah ini dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal, serta perluasan kerja dibidang pariwisata. Juga, kita prioritaskan peningkatan objek-objek wisata agar, para wisatawan lebih merasa nyaman, ketika berkunjung ditempat wisata Boltim,” papar Rizky, kepada awak media ini. (Fidh)

Pos terkait