Pemprov Sulut Hari Ini Kenang Jasa Pahlawan Sapta Taruna ‘Tragedi’ 3 Desember 45

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Secara serentak se-Indonesia pada Selasa (03/12/2019) hari ini insan PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat), mengenang jasa para pahlawan Sapta Taruna yang gugur mempertahankan Gedung Departemen PU pada tanggal 3 Desember 1945. Dimana, momentum tersebut diperingati Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dengan melaksanakan Upacara Hari Bhakti PU ke-74.
Adapun upacara yang berlangsung di Lapangan Kantor Gubernur dan dipimpin Sekdaprov Sulut Edwin Silangen itu pun telah membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang di dalamnya terdapat 10 poin penting. Berikut bunyi poin-poin tersebut:
Pertama, Lima tahun ini, kita telah melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran, tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi seluruh wilayah Indonesia, terutama Indonesia bagian Timur, pedalaman, kawasan terisolir dan perbatasan.
Kedua, Agenda pembangunan infrastruktur kira belum selesai, kita masih mempunyai pekerjaan rumah, masih ada pekerjaan berat pembangunan, untuk kemajuan bangsa Indonesia.
Ketiga, Selama 5 tahun kedepan, kita akan melanjutkan pembangunan 60 bendungan, 1000 embung, 500.000 ha jaringan irigasi baru, 2.500 km Jalan Tol, dan 60.000 km Jalan baru.
Keempat, Kita juga akan meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak menjadi 90 persen, serta akses sanitasi dan persampahan menjadi 80 persen.
Kelima, Kita pun akan melanjutkan program sejuta rumah khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.
Keenam, Kita akan mewujudkan pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur dengan konsep Smart Metropolis.
Ketujuh, Begitu pula dengan pembangunan 5 destinasi wisata prioritas yang kita targetkan selesai di akhir tahun 2020.
Kedelapan, Saya minta pembangunan infrastruktur didukung teknologi dan hasil riset yang aplikatif sehingga akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas.
Kesembilan, Pembangunan berkualitas juga harus didukung pembiayaan yang memadai. Kreativitas menjadi kunci pembiayaan pembangunan infrastruktur kedepan.
Kesepuluh, Saya minta segenap insan PUPR untuk meneladani semangat pantang menyerah, keberanian dan pengorbanan para pahlawan sapta taruna. Mari bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berkeadilan.
Turut hadir jajaran Pejabat teras, ASN dan THL BPJN Sulut Gorontalo, Balai Sungai Wilayah Sulut, Dinas PUPR Provinsi, dan Dinas Praskim Provinsi Sulut. (Mild70/*)

Pos terkait