Irup HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019, Ini Pesan Wabup Bolmut

  • Whatsapp
Wabup Bolmut saat bertindak sebagai Irup HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019.
Bolmut, detiKawanua.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Pemkab Bolmut) menggelar Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dan HUT PGRI ke-74, Senin  (25/11/2019). Bertindak sebagai Inspektur Upacara giat yang dipusatkan di Lapangan Imokima Desa Sangkup 1 ini, Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena.
Wabup Bolmut saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, tugas guru adalah yang termulia sekaligus yang tersulit.
Dirinya  menegaskan, bahwa pemerintah saat ini sedang gencar meningkatkan kualitas guru, juga mengurangi tahapan administrasi yang harus dihadapi guru setiap hari sebelum mengajar.
“Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas,” ujarnya.
Mendikbud mengajak guru untuk melakukan perubahan, sekecil apapun, dengan tujuan manfaat yang besar. Besok, di mana pun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.
“Apapun perubahan kecil, jika guru melakukannya serentak, maka kapal besar bernama indonesia ini akan bergerak,” imbaunya.
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati menyerahkan penghargaan kepada para Pensiunan Guru, bantuan kepada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan secara simbolis menyerahkan kendaraan operasional KB kepada Kepala Dinas PPKBPP dan PA.
Dilaksanakan pula Launching Aplikasi SIPINTAR yang merupakan Sistem Informasi Pendidikan terintegrasi, meliputi data Guru, tenaga kependidikan, data Siswa, Profil Sekolah dan data pendidikan lainnya.
Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan dialog dengan tajuk “Guru Bertanya, Pemerintah Daerah Menjawab”.
Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Unsur Forkopimda, Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Abdul Fatah, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat serta para Guru dan tenaga kependidikan.
(#i)

Pos terkait