Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Konsulat Jendral Australia 'Bidik' Provinsi Sulut Karena Hal Ini

Manado, detiKawanua.com - Mengunjungi dan bertemu langsung dengan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur, Steven Kandouw dan Sekertaris Provinsi (Sekprov), Edwin Silangen pada Jumat (17/02) lalu di Wisma Negara Gubernuran di Bumi Beringin Manado, oleh Kolsulat Jendral (Konjen) Negara Australia, Richard Mathews memaparkan sejumlah maksud utama kedatangannya yakni, untuk membangun kerjasama dan mempererat hubungan Australian dengan Provinsi Sulut, membangun jaringan memanfaatkan kemampuan yang ada, pengetahuan dan kemampuan dalam pengalaman kedua negara (Australia-Indonesia) khususnya di Provinsi Sulut.

"Kami melihat potensi yang besar untuk mengembangkan kemitraan perdagangan, pariwisata dan investasi yang lebih kuat dan mempererat hubungan antar sekolah dan lembaga pendidikan di kawasan Timur Indonesia dan Australia dengan menggunakan pengalaman dari para peneliti dan akademia, serta memperluas jaringan kelompok alumni," terang Mathews, sembari memberitahukan kepada Gubernur bahwa Konjen yang baru ini bertugas memperdalam hubungan bisnis, pendidikan, kebudayaan serta hubungan antar warga dari kedua negara terutama dengan provinsi-provinsi di kawasan Timur Indonesia.

Adapun melalui Gubernur Sulut, Olly Dondokambey pada kesempatan itu menyambut baik kedatangan serta maksud dan tujuan dari Konjen selaku perwakilan pemerintah Australia, dalam membangun kerjasama dengan pemerintah provinsi Sulut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Perwakilan Daerah (Dikda) Sulut, Asiano Gemmy Kawatu menuturkan kerjasama ini dalam peningkatan kualitas para guru.

"Kali ini dua sekolah yakni SMA Manado International School dan SMA Lokon. Empat guru dipersiapkan untuk melanjutkan di Australia. Kemudian bulan Maret akan dilakukan Memorandum Understanding (MoU) untuk tindak lanjut sekolah-sekolah lain," ujar Kawatu.

Diketahui Konjen Australia akan memberikan pelayanan konsuler dan passpor bagi warga Negara Australia di sebelas provinsi di kawasan Timur Indonesia seperti, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. (hs/dkc)

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 19 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Konsulat Jendral Australia 'Bidik' Provinsi Sulut Karena Hal Ini"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional