Example floating
Example floating
BOLTIM

Antisipasi Dampak Banjir, Pemkab Boltim Bangun Tanggul dan Normalisasi Sungai Kayumoyondi

×

Antisipasi Dampak Banjir, Pemkab Boltim Bangun Tanggul dan Normalisasi Sungai Kayumoyondi

Sebarkan artikel ini

Boltim, detiKawanua.com – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya musibah banjir di Desa Kayumoyondi, Kecamatan Tutuyan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) melaksanakan pembangunan Tanggul dan Normalisasi Sungai, pada tahun anggaran 2024.

Kepala Dinas PUTR Boltim, Haris Pratama Sumanta ST, MT mengatakan pembangunan tanggul dan normalisasi sungai Kayumoyondi merupakan program kerja yang diseriusi oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si untuk kepentingan masyarakat.

“Mengingat sering terjadi banjir bandang terutama di kawasan Sungai Kayumoyondi, oleh karena itu pak Bupati memprioritaskan untuk dibangun tanggul dan normalisasi Sungai. Hal ini dilakukan sebagaimana permintaan dan harapan masyarakat yang ada di Desa Kayumoyondi,” ujar Haris, Rabu (15/05/2024).

Lanjutnya, untuk pembangunan tanggul ini sudah direncanakan akan dibangun sepanjang 450 meter dengan ketinggian tanggul sekitar 1,3 meter sampai dengan 1,5 meter.

“Sehingga potensi untuk air meluap sudah tidak terjadi lagi. Pada prinsipnya ketinggian tanggul ini akan kami sesuaikan agar bilamana musim penghujan, volume air tidak meluap hingga ke pekarangan rumah masyarakat,” terangnya.

Terpisah, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUTR Boltim, Rifton Sukandar ST menambahkan, untuk program normalisasi sungai sebagaimana sudah direncanakan akan dilakukan sampai ke muara pantai. Dan nantinya normalisasi sungai akan dilakukan penggalian yang akan disesuaikan dengan ketinggian air air laut.

“Hal itu agar air sungai yang mengalir nantinya akan langsung ke laut. Untuk kedalaman normalisasi sungai akan disesuaikan dengan tinggi permukaan air laut,” jelasnya.

Rifton pun menyebutkan, untuk sumber anggaran pembangunan tanggul dan normalisasi sungai Kayumoyondi telah dibebankan pada Dana Alokasi Umum (DAU) Earmarked tahun anggaran 2024.

“Untuk anggaran sudah diplot sebesar Rp. 1,1 miliar. Dan pembangunan tanggul sekaligus normalisasi sungai Kayumoyondi ini akan action pada bulan Mei 2024 ini. Harapan pak Bupati Boktim semoga dengan dilaksanakannya pekerjaan ini akan membantu masyarakat terutama untuk penanggulangan akan dampak banjir bandang,” pungkasnya. (Billy Mokodompit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.