Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
MANADOPENDIDIKANSULAWESI UTARA

Universitas Katolik De La Salle Manado Kembali Cetak 502 Wisudawan Angkatan ke- 24

×

Universitas Katolik De La Salle Manado Kembali Cetak 502 Wisudawan Angkatan ke- 24

Sebarkan artikel ini

Manado, detikawanua.com Sebanyak 502 lulusan dari Universitas Katolik (Unika) De La Salle Manado telah diwisuda, terhitung semester ganjil tahun akademik 2023-2024, bertempat di Manado Covention Centre (MCC), pada Jumat 10 November 2023.

Rektor Unika De La Salle Manado, Prof Dr. Johanis Ohoitimur, menyampaikan selamat datang di rapat terbuka senat Unika De La Salle Manado dalam rangka wisuda sarjana dan pelantikan NERS tahun akademik 2023-2024 semester ganjil.

“Sebagai Rektor saya mengucapkan selamat kepada 502 lulusan Unika De La Salle Manado yang telah diwisuda sebagai sarjana, dan dilantik sebagai NERS profesional. Kepada anda semua saya ucapkan selamat atas penyelesaian studi di Unika De La Salle Manado, selamat juga kepada orang tua dari para lulusan. Orang tua telah bekerja keras selama masa studi putra-putrinya, setelah mereka diwisuda dan dilantik akan menjadi Alumni, kemudian siap terjun ke masyarakat untuk bekerja,” ungkapnya.

Ia menambahkan dengan adanya wisuda dan pelantikan ini akan menyerahkan kembali putra-putri ini kepada anda orang tua. Tentunya banyak pengalaman yang tidak bisa diungkapkan oleh para lulusan, bahkan ada pengalaman yang bisa diungkapkan oleh para orang tua.

“Wisuda hari ini merupakan wisuda sarjana yang ke- 24 dan pelantikan NERS ke 14. Hari ini sebanyak 403 orang lulusan akademik diwisuda dan 99 Profesi NERS akan dilantik. Para lulusan ini berasal dari 12 program studi. Wisuda dan pelantikan hari ini, di usia yang ke 23 tahun Unika De La Salle Manado telah meluluskan 5.113 orang Sarjana (S1), kemudian lulusan profesi NERS yang sudah dilantik sebanyak 1.419 orang,” ujarnya.

Sejak hari ini, kata Johanis, setelah wisuda ini anda semua akan menjadi Alumni. “Lasallian DNA: Where is your fokus ?” tema ini menentukan posisi fokus kehidupan kalian kedepannya. “Pertanyaan ini sangat penting untuk direfleksikan dalam dunia saat ini, yang terus berubah dan syarat dengan ketidakpastian. Realitas kehidupan menyatakan berbagai tantangan yang akan harus kita hadapi. Tantangan kehidupan pribadi dan keluarga, tantangan dalam pergaulan dan persahabatan, tantangan pendidikan di Universitas dan masyarakat, tantangan dinamika umum dan politik, tantangan di bidang ilmu dan sosial, dan tantangan perubahan lingkungan serta masih banyak lagi.”

“Menghadapi semua itu setiap Lasallian hendaknya untuk melakukan refleksi, bertanya dan melakukan apa yang menjadi fokus, apa yang menjadi perioritas untuk membuat hidup kita bermakna. Jika, para Alumni nantinya melaksanakan refleksi tersebut dengan itu anda menunjukkan kualitas sebagai seorang Lasallian. Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak kepala lembaga XVI, keuskupan Manado, pengurus Yayasan, dan juga terimakasih kepada rohaniawan, terimakasih kepada seluruh mitra, kepada orang tua dan para wisudawan yang akan dilantik,” ucapnya.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Unika De La Salle Manado, Dr. Melky Malingkas, S.S., M.Ed, mengungkapkan bahwa ini menjadi momen yang sangat bahagia bagi para wisudawan dalam hal ini telah menyelesaikan perjalanan akademik dengan cemerlang.

“Unika De La Salle Manado dengan bangga, menyambut, dan mengucapkan selamat kepada semua lulusan termasuk meraka yang dilantik, tapi juga diucapkan selamat kepada orang tua dan wali yang ada di barisan. Proses pendidikan yang kalian jalani selama kurang lebih 4 tahun adalah bukti nyata, dedikasi, kerja keras dan keuletan yang kalian tunjukan. Kalian telah mengatasi banyak tantangan di kelas, menyelesaikan berbagai tugas dan ujian, melalui semuanya itu kalian telah tumbuh dan berkembang menjadi orang-orang yang tangguh dan siap memasuki dunia kerja,” ungkap Melky.

Dirinya mengakui peran penting dan sangat esensial yang telah dimainkan oleh rektor, wakil rektor, dekan, dosen, serta tenaga kependidikan dalam perjalanan pendidikan kali ini. Para dosen yang gigih memberikan ilmu pengetahuan, sehingga staf administrasi yang selalu siap membantu dari hal itu mengucapkan terimakasih yang begitu tulus atas kontribusi dalam menentukan dan menginspirasi kalian para wisudawan – wisudawati dan yang baru dilantik.

“Kepada Wisudawan dan yang akan dilantik apa yang kalian capai hari ini adalah awal dari perjalanan yang indah serta penuh keberhasilan. Tetaplah berusaha dengan tekun, dan berpegang teguh pada nilai-nilai yang diajarkan semasa studi kalian di Unika De La Salle Manado, bahagia kalian hari ini adalah buah dari ketekunan dan kerja keras. Berbahagia dan bergembiralah hari ini, bersama orang-orang yang kami cintai dan kasihi, yakni seluruh civitas akademika Unika De La Salle Manado, keluarga, orang tua dan kakak-kakak kalian, wali kalian, sahabat-sahabatmu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI GOSULUTTENG, Munawir Sadzali Razak, S.Ip.M.A, pada sambutannya mengatakan, sebuah kehormatan bisa hadir dalam pelaksanaan Wisuda di Unika De La Salle Manado dalam hal ini untuk berbagi kebahagiaan.

“Provinsi Sulut ada 40 perguruan tinggi yang belum terakreditasi ada 19, dan yang terakreditasi B itu hanya ada 3 perguruan tinggi dan salah satu dari ketiganya adalah Unik De La Salle Manado. Ini yang perlu kita apresiasi bersama dan harus berbangga bahwa Unika De La Salle Manado adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Provinsi Sulut,” jelas Munawir.

Munawir senang melihat wisudawan sebanyak 502 orang Wisudawan-wisudawati yang sudah siap terjun ke masyarakat. Hal Ini sangat penting sekali, karena saat ini sedang membutuhkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas. Apalagi 2030 nantinya akan masuk ke bonus demografi, dimana kurang lebih 68 persen penduduk Indonesia itu usia produktif yang berada di angkatan kerja, dan tentunya ini harus dimanfaatkan kesempatan demografi ini.

“Jangan sampai kita seperti Brazil dan Afrika Selatan yang tidak bisa memanfaatkan bonus demografi ini. Kita ingin seperti Jepang dan Korea bisa memanfaatkan bonus demografi dan ini kita bisa nikmati dari peningkatan pendapatan perkapita, dan pendidikan kita semakin membaik, serta kualitas kesehatan semakin membaik dan itu salah satu manfaat jika kita bisa menikmati bonus demografi,” terangnya.

Salah satu syarat untuk menikmati bonus demografi ini adalah pertumbuhan angkatan tenaga kerja diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM, dalam hal ini mereka yang usia produktif nanti bisa mempunyai kualitas dan mutu yang bisa dilihat dari sebuah peningkatan nantinya.

Sedangkan wisudawati, Mega Kiky Monica, S.H. ketika ditanya, mengaku bahwa dirinya sangat berbangga dengan hasil yang dicapai. Perjuangan kuliah sudah selesai dan sah menjadi sarjana, kedepannya tinggal bagaimana berperan di tengah masyarakat.

Diketahui, 502 yang diwisuda terbagi dari Teknik Elektro 2 orang, Teknik Industri 26 orang, Teknik Informatika 59 orang, Teknik Sipil 40 orang, Agribisnis 11 orang, Akuntasi 47 orang, Manajemen 40 orang, Ilmu Hukum, 42 orang, Ilmu Keperawatan 88 orang, Hospitality dan Pariwisata 18 orang, dan Profesi NERS 99 orang.

Terpantau media, dalam wisuda itu hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan,
Debby Paseru, S.T., M.M.S.I., M.Ed, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerja Sama, Dr. Jozef Richard Raco, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Arteurt Yoseph Merung, S.P., M.Si, wakil Rektor Bidang Administrasi, Umum dan Keuangan, Johannes A. Timbuleng, S.I.P., M.Pub.Admin. b.A*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.