Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
BOLMONG RAYA

Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak

×

Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak

Sebarkan artikel ini

Detikawanua.com – Bupati Bolmong Ir. limi Mokodompit dampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam rangka pengisian air irigasi Bendungan Lolak, Desa pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong. Peresmian digelar di salah satu kantor irigasi pengairan waduk, Jumat (18/8/23).

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Welti komaling, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Kapolres Bolmong arianto salkery, dandim topan anker, beserta forkopimda dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutannya Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyampaikan, bahwa pemerintah pusat dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan nasional, pemerintah Indonesia telah melaksanakan serangkaian usaha secara terus menerus yang di titik beratkan pada sektor pertanian, berupa pembangunan di bidang pertanian sesuai program presiden Joko Widodo.

Lanjut Gubernur Olly, adanya bendungan didesa lolak sangat bermanfaat untuk masyarakat bolmong, sehingga penyediaan untuk air irigasi bisa memenuhi lahan 2214 Ha, dan untuk penyediaan air baku untuk masayarakat seputaran kecamatan lolak,dengan kecepatan air baku 500 liter/detik.

Ditambahkanya, bendungan ini bisa menambah untuk kegunaan pembangkit listrik dari aliran air sehingga akan menghasilkan potensi listrik sebesar 2.43 MW,dan manfaat lainya bendungan bisa di jadikan untuk pengendali banjir dan bisa mereduksi debit banjir 29,42% untuk Q50 tahun kedepan.

“Wilayah Bendungan Lolak ini akan menjadi destinasi wisata dan tempat pariwisata baru di daerah bolaang mongondow, belum lagi adanya taman kebun buah untuk lahan ExBorrow yang akan menarik perhatian pengunjung ketika mereka melihat kebun buah,” kata Gubernur ketika kunjungi bendungan lolak yang ada di desa pindol kecamatan lolak.

Lukman Mokodompit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.