spot_img

Tak Hadiri Rapat Penanganan Inflasi Dibuka Wagub Kandouw, Minahasa Dan Talaud Ditegur

Manado, detikawanua.com – “Tinggal enam (6) Minggu lagi akan menyambut Hari Natal, harapan saya kiranya Dinas Perdagangan yang ada di 15 kabupaten/kota dapat terus memonitor ketersediaan bahan pokok serta mengontrol harga dipasaran dengan melakukan pengawasan,” pesan Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw saat membuka kegiatan Rapat Penanganan Inflasi dan Kesiapan Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) yang berlangsung di salah satu Hotel ternama di Manado, Rabu (16/11/2022).

Disisi lain, Wagub Kandouw juga sempat memberikan teguran kepada dua pemerintah kabupaten (Pemkab) yakni, Minahasa dan Talaud dikarenakan kedua pemkab tersebut tidak menghadir rapat.

“Sesuai laporan dari pihak Bank Indonesia (BI), kedua kabupaten tersebut belum melaksanakan tahap pengendalian inflasi,”terangnya dengan menegaskan bahwa, permasalahan inflasi jangan dianggap enteng. Jika inflasi naik, maka akan mempengaruhi jumlah penduduk miskin di Provinsi Sulut.

“Inflasi naik saja 0,1%, maka akan mempengaruhi atau menambah jumlah kemiskinan sehingga hal ini jangan kita anggap remeh. Ingat, Sulut memiliki populasi 2,6 juta jiwa,” ingat wagub.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan inflasi tersebut maka sinergitas pemerintah provinsi dan kabupaten/kota wajib berjalan dengan baik termasuk soal penyaluran anggaraan dari pemerintah agar bisa berjalan.

“Dana cadangan dan bantuan sosial yang disediakan harus tersalur dengan baik dan sesuai aturan. Program ‘mari jo ba kobong’ dari bapak Gubernur Olly pun sangat baik untuk dilaksanakan agar menekan inflasi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Sulut, Daniel Mewengkang dalam laporannya mengatakan jika kegiatan ini sangat baik dilaksanakan agar ada koordinasi dengan Disperindag Kabupaten/kota dalam menjaga inflasi dan juga ketersediaan bahan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bank Indonesia (BI) Andry Prasmuko, Kepala Perum Bulog Sulutgo Ali Ahmad Najih bererta para Kepala Disperindag Kabupaten/kota se-Sulut.

(*/Mld)

Share post:

KOTA MANADO

Di PTBI Jakarta, Gubernur Olly Terima Penganugerahan Qris Terbaik Dari BI

Jakarta, detikawanua.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey...

HUT Korpri Ke-51, Gubernur Olly Bersama ASN Pemprov Sulut “Marijo Ba Kobong”

Minut, detikawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)...

Diumumkan Gubernur Olly, UMP Sulut Tahun 2023 Jadi Rp3,4 Juta

Manado, detikawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)...

Hari Ini Gubernur Olly Secara Langsung Impounding Bendungan Kuwil

Minut, detikawanua.com - Proses Impounding (Pengisian awal waduk) Bendungan...