spot_img

Sekda Buka Uji Publik Ranperda Perizinan Berusaha

Kotamobagu, detiKawanua.com – Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara melalui sekretaris daerah Kotamobagu, Sofyan Mokoginta didampingi Kadis DPMPTSP, Aldjufri Ngandu dan Ketua Bapemperda DPRD Kotamobagu, Anugerah Begie CH Gobel, membuka kegiatan uji publik Ranperda tentang Perizinan Berusaha.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tepatnya di Cafe Triston Motoboi Kecil, dan diikuti oleh para pelaku usaha di Kotamobagu dan sejumlah OPD di Kotamobagu, Rabu (16/11/22)

Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta SH menjelaskan, Ranperda tentang Perizinan Berusaha dibentuk oleh Kepala Daerah bersama dengan DPRD untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

“Ranperda ini selanjutnya ditetapkan menjadi Perda yang tentunya melalui tahapan-tahapan termasuk uji publik ini,”ujarnya.

Sofyan mengatakan, sebagai amanat Undang-Undang, kata Mokoginta, sehingga Ranperda tentang Perizinan Berusaha harus dilakukan uji publik yang melibatkan para pelaku usaha.

“Uji publik ini dalam rangka bagaimana kita melihat bersama isi dari Ranperda ini dan meminta masukan dari pada stakeholder, dalam rangka perbaikan draf rancangan Peraturan Daerah, yang akan ditetapkan sebagai produk hukum daerah,”terangnya.

Lanjutnya, uji publik Ranperda tentang Perizinan Berusaha menjadi Perda ini, bertujuan, untuk memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi masyarakat khususnya pelaku usaha dan investor.

“Sebab, pemerintah menjamin pelayanan perizinan yang akuntabel, cepat, efisien, menjadi tuntutan di era moderen saat ini, atau menjamin kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusan perizinan berusaha,” ungkpanya. (*)

Share post:

KOTA MANADO

Di PTBI Jakarta, Gubernur Olly Terima Penganugerahan Qris Terbaik Dari BI

Jakarta, detikawanua.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey...

HUT Korpri Ke-51, Gubernur Olly Bersama ASN Pemprov Sulut “Marijo Ba Kobong”

Minut, detikawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)...

Diumumkan Gubernur Olly, UMP Sulut Tahun 2023 Jadi Rp3,4 Juta

Manado, detikawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)...

Hari Ini Gubernur Olly Secara Langsung Impounding Bendungan Kuwil

Minut, detikawanua.com - Proses Impounding (Pengisian awal waduk) Bendungan...