Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
BOLMONG RAYABOLTIM

DPMD Boltim Lakukan Pendampingan Penginputan Update Data Profil Desa

×

DPMD Boltim Lakukan Pendampingan Penginputan Update Data Profil Desa

Sebarkan artikel ini

Boltim, detiKawanua.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan pendampingan penginputan sekaligus update data profil desa. Kegiatan tersebut, digelar di Kantor Kecamatan Modayag, pada Senin 27 Juni 2022 itu, dihadiri Kepala DPMD Hendra Tangel, Camat Modayag Asral Mamonto serta unsur Pemerintah Desa.

Profil desa, kata Hendra, sangat penting demi kemajuan desa. Dimana, hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan “Dalam Permendagri tersebut, juga diatur mekanisme penyusunannya. Didalam profil desa terdapat data-data informasi tentang kondisi desa, diantaranya data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang ada di desa,” jelanya.

Bahwa pendampingan DPMD terkait penginputan, sekaligus update data profil desa berlangsung disemua desa dan pelaksanaannya dipusatkan pada setiap kecamatan “Selama kurang lebih 6 Tahun ini, Kabupaten Boltim menempati urutan ke 15 dalam penginputan profil desa dan hanya mencapai 6,8 persen, sehingga untuk tahun ini kita berusaha untuk memperbaiki itu” kata, Hendra.

Hingga saat ini, lanjut ia kataka, sudah ada sejumlah desa yang didampingi pihaknya untuk proses penginputan profil desa dengan capaian persentase berada pada angka 38 persen “Profil desa sangat penting, untuk pengembangan desa sebagai data dasar yang dibutuhkan dalam proses, penyusunan rencana pembangunan desa,” pungkasnya.

(Fidh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.