Ditjen Bina Keuda Kemendagri Pacu Pegawai Tingkatkan Kualitas Diri dan Kinerja Pelayanan

  • Whatsapp

Jakarta, detikawanua.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus melakukan upaya memperkuat kualitas para pegawai dan meningkatkan kinerja pelayanan. Upaya ini salah satunya melalui gelaran Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dan Internalisasi Budaya Kerja BerAKHLAK di Lingkungan Ditjen Bina Keuda Kemendagri, Jumat (13/5/2022). Kegiatan yang berlangsung secara daring dan luring dari Gedung F Kantor Kemendagri ini, dilanjutkan dengan halalbihalal di lingkungan Ditjen Bina Keuda.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Agus Fatoni menuturkan, Idulfitri merupakan salah satu momentum untuk menguatkan kapasitas diri dan meningkatkan kinerja pelayanan. Dengan menjalani puasa satu bulan penuh selama Ramadan, umat muslim berlatih menahan banyak hal, mulai dari menahan emosi, keinginan buruk, dan menahan sifat tak terpuji lainnya. Diharapkan, puasa tersebut dapat menuntun perilaku ke arah yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

“Satu bulan penuh kita ditempa, dan mudah-mudahan dengan pelajaran dengan tempaan satu bulan ini bisa berpengaruh kepada kita, bisa mempengaruhi kepada kita untuk selanjutnya satu tahun ke depan bisa lebih baik lagi,” harap Fatoni.

Selain itu, Fatoni mengajak para pegawai Ditjen Bina Keuda untuk selalu bersyukur atas segala hal yang terjadi. Salah satunya, bersyukur karena di masa pandemi tetap memiliki pekerjaan, penghasilan, dan kesehatan.

“Banyak sekali nikmat yang diberikan Allah diberikan Tuhan kepada kita dan sudah selayaknya kita terus bersyukur,” ujarnya.

Fatoni juga mengajak para pegawai agar dapat membangun lingkungan kerja yang damai dan menyenangankan. Sebagai tempat yang sering dikunjungi, para pegawai wajib menciptakan suasana kantor yang nyaman, menyenangkan, bersih, dan indah. Dirinya berharap, para pegawai tetap menjaga kekompakan, solidaritas, soliditas, dan silaturahmi.

“Kita juga terus memperbaiki kinerja kita, setiap hari bisa kita memperbaiki pelayanan kita, pelayanan yang sudah baik masih bisa kita perbaiki lagi, yang sudah diperbaiki masih bisa ditingkatkan lagi,” ujar Fatoni.

Pada kesempatan itu, Ditjen Bina Keuda juga menghadirkan Ustaz Taufiqurrahman untuk memberikan tausiah. Kehadiran Ustaz Taufiqurrahman tersebut, kata Fatoni, untuk memotivasi dan mengingatkan kembali para pegawai agar dapat memperbaiki diri serta meningkatkan kinerja pelayanan.

(*/Mild70)

Pos terkait