Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
BOLMONG RAYABOLTIM

Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Boltim Lakukan Fogging

×

Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Boltim Lakukan Fogging

Sebarkan artikel ini

Boltim, detiKawanua.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kantongi catatan kurang lebih ada sekitar 27 kasus positif Demam Berdarah Dengue (DBD) selama Tahun 2022.

Seperti, katakan Kepala Dinkes Boltim, melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dr. Hamdan Korompot, bahwa hingga kini ada sekitar 27 kasus DBD “Sampai hari ini, tercatat ada 27 kasus positif DBD di Boltim,” terangnya, Rabu (16/3/2022).

Nah, untuk menanggulangi penyebaran penyakit endemik ini, pihaknya melakukan fogging sebanyak dua kali “Jika ada laporan, kita langsung menindaklanjuti dengan memeriksa data pasien apakah positif DBD atau bukan. Jika ternyata positif, maka pihak Dinkes Boltim akan turun ke lokasi tempat tinggal pasien tersebut, dan mengecek apakah ditempat itu menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti penyebab virus Dengue. Dan apabila ditemukan ada jentik, maka kita akan melakukan fogging pertama untuk membunuh nyamuk dewasa. Seminggu kemudian, kembali dilakukan fogging guna menetralisir atau membunuh jentik nyamuk yang baru menetas,” ungkapanya.

Penyakit menular seperti DBD, wajib untuk diwaspadai. Karenanya, saya mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pemberantasan jentik nyamuk DBD “Selain pemerintah, masyarakat juga harusnya sadar akan kebersihan lingkungan. Sebab, nyamuk DBD paling suka dengan tempat-tempat kotor dan lembab. Apalagi genangan air,” imbaunya.

(Fidh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.