Gelar ‘Raja Batak’ Diterima Gubernur Olly Karena Segudang Prestasi Penghargaan

  • Whatsapp

(foto:Ist)

Tapanuli, detiKawanua.com – Lembaga Adat Dalihan Na Tolu di Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyematkan Gelar Adat Batak ‘Tukkot Tunggal Panaluan’ kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Bacaan Lainnya

Penyematan gelar adat tersebut diterima Gubernur Olly saat kunjungannya di Tapanuli Utara, Senin (1/11/2021).

Pemberian gelar adat ini, ditandai pula dengan penyerahan pedang dan tongkat Tukkot Tunggal Panaluan, yang diketahui tongkat ukiran wajah tujuh manusia dan beberapa hewan yang diukir dari kayu tertentu dan memiliki kesaktian (menurut kejadian yang sebenarnya).

Tungkot Tunggal Panaluan menjadi warisan budaya yang secara turun-temurun dimanfaatkan serta dilestarikan oleh suku Batak Toba. Gelar sakral. Mengingat Tukkot Tunggal Panaluan biasanya dipakai untuk Raja-Raja Batak.

Pemberian gelar kepada Olly, karena dinilai berhasil mengangkat Sulut menjadi provinsi dengan segudang prestasi dan mendapat penghargaan-penghargaan dari pemerintah pusat.

Gubernur Olly yang juga Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak FK PKB PGI dinilai sebagai pemimpin besar. Olly kemudian didoakan kelak nanti mengayomi dan memperhatikan masyarakat Indonesia, termasuk Tapanuli Utara.

Olly yang pada kesempatan itu akan menghadiri Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa PGI menyampaikan terima kasih.

“Terima kasih atas sambutannya. Kalau dilihat, bukan lagi sebagai FK PKB PGI. Ini sudah pakaian lengkap raja-raja,” canda Gubernur Olly disambut riuh dan tepuk tangan para hadirin.

“Sekali lagi terima kasih. Semoga Tuhan selalu menyertai kita,” sambungnya.

Olly dan rombongan kemudian dijamu makan bersama Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan jajaran Forkopimda.

Turut mendampingi Gubernur Olly, Ketua PGI Gulmar Gultom, Ketua Sinode GMIM Pdt. Hein Arina, Bupati Minahasa Roy Roring, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, serta para pendeta.

(*/mild70)

Pos terkait