TNI AL Berhasil Evakuasi 15 ABK Kapal Nelayan yang Tenggelam di Perairan Talaud

  • Whatsapp

Talaud, detikawanua – TNI AL melalui salah satu pangkalan jajaran Lantamal VIII yakni Lanal Melonguane, berhasil melakukan evakuasi awak kapal nelayan yang mengalami kecelakaan di Perairan Talaud. Sabtu 25 September 2021.

Bacaan Lainnya

Informasi terkait hal tersebut, diterima Lanal Melonguane dari masyarakat sehari sebelumnya tentang adanya kecelakaan kapal nelayan KM Dampelan Indah yang diawaki 15 orang tenggelam diakibatkan cuaca buruk dan dihantam gelombang pada koordinat 4°7’24.04″ Lintang Utara dan 127° 8’25.50″ Bujur Timur atau sekitar 20 mil laut dari pantai Desa Tule Talaud.

Berdasarkan informasi tersebut Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait, selanjutnya memerintahkan tim yang dilengkapi dengan peralatan medis dengan menggunakan perahu karet untuk melakukan Search and Rescue pada koordinat tersebut.

Saat tiba dilokasi awak kapal nelayan yang berjumlah 15 orang yang telah terapung selama dua jam telah diselamatkan Kapal Angel 02, yang bertepatan sedang melintas di perairan tersebut.

Selanjutnya tim medis segera melakukan pengecekan kepada 15 awak kapal KM Dampelan Indah diatas Kapal Angel 02.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan terhadap 15 awak kapal nelayan tersebut tidak ditemukan luka-luka ataupun gangguan kesehatan yang serius selanjutnya dengan bantuan masyarakat setempat dilakukan evakuasi terhadap awak kapal dengan perahu karet serta KM Dampelan Indah yang telah terbalik menuju Pantai Desa Tule.

Sementara itu untuk mensikapi kejadian tersebut tidak terulang Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya , S.E., CFrA., menghinbau kepada semua pengguna laut yang berada di wilayah kerja Lantamal VIII agar memperhatikan keadaan cuaca dan melengkapi kapal dengan peralatan keselamatan, peralatan navigasi serta komunikasi sebelum melaut.**irz

Pos terkait