AMSI Sulut, Kali Ini Berbagi Ilmu Jurnalistik Bersama GMNI Sulut

  • Whatsapp

Manado, detikawanua – Baru sepekan menggelar pelatihan Jurnalistik bersama mahasiswa PMKRI, kali ini Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Utara, berbagi ilmu bersama Badan riset dan media center dewan pimpinan daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sulawesi Utara (Sulut).

Bacaan Lainnya

Pelatihan dasar Jurnalistik bersama ini digelar Sekretariat Rumah Pergerakan dan Perlawanan AMSI Sulut, Jalan Elang Timur, Sabtu 11 September 2021.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua AMSI Sulut, Agust Hari. “Selamat datang kepada kader- kader GMNI Sulut di sekretariat AMSI, kiranya pelatihan yang memakan waktu ini bisa bermanfaat,” sambutnya.

“Jika kedepannya, setelah perhatian ini ada yang mau fokus melanjutkan profesi wartawan silahkan, jika pun tidak, kiranya apa yang diberikan bisa bermanfaat buat kader-kader GMNI kedepannya,” tutur pimpinan redaksi (Pemred) Barta1.com.

Sementara itu, Ketua DPD GMNI Sulut, Vrenky Muluwere yang diwakili langsung oleh Elyan Maniku. “Saya mewakili tim riset dan media center DPD GMNI Sulut mengucapkan banyak terima kasih kepada AMSI Sulut yang mau bekerja sama, dan mau membantu pelatihan Jurnalistik kami pada hari ini.”

“Perlu kita ketahui peran Jurnalistik sangat penting di era saat ini dalam penyampaian informasi kepada Publik.
Sehingga harapan kami para kader yang telah mengikuti pelatihan bisa memahami peran penting dari jurnalistik, dan media terutama dalam membela kepentingan publik atau masyarakat umum,” jelas mantan Ketua Komisariat GMNI Pertanian Unsrat ini.

Pada pelatihan Jurnalistik ini, ada empat materi yang diberikan para penyaji dari AMSI Sulut, diantara disampaikan oleh Jukifly Pinontoan Pimred Kabar Manado.com dengan materi Pers dan dan Jurnalistik, dan Reportase dan Wawancara.

Sementara materi Kode Etik Jurnalis dibawakan Pimred BeritaManado com, Finda Fine Muhtar, kemudian ditutup dengan materi dan praktek Teknik Penulisan Berita oleh Redaksi Pelaksana (Redpel) Barta1.com, Ady Putong.

Pada kesempatan ini, peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik berjumlah tujuh orang anggota GMNI, yang berfokus pada Badan riset dan media center GMNI Sulut, dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

 

Setelah pelatihan jurnalistik acara kemudian berlanjut dengan diskusi ringan terkait perkembangan ilmu dan pergerakan masa pandemi, diteruska dengan makan bersama, guna meningkatkan interaksi dalam jejaring pergerakan bersama.

Rencananya pekan kedepan terdapat sejumlah agenda yang digarap AMSI Sulut, dan akan direalisasikan dengan beberapa organ mahasiswa bersama elemen kelembagaan masyarakat dan pemerintah terkait Literasi Jurnalistik.irz

Pos terkait