50 Peserta di Minsel Ikut Pelatihan Pertolongan dan Pencarian

  • Whatsapp

Minahasa Selatan, detikawanua – Musibah dan bencana yang kerap terjadi di Minahasa selatan perlu mendapat penanganan serius dari semua pihak, tidak terkecuali pemerintah.

Bacaan Lainnya

Kondisi tersebut membuat Basarnas hadir guna berbagi ilmu dan pembekalan materi pencarian dan pertolongan, yang digelar pada Senin, 20 September 2021 di Kabupaten Minahasa Selatan.

Pembekalan dari Basarnas ini meliputi tiga kegiatan SAR, diantaranya pelatihan SAR Water Rescue, bimbingan teknis MFR (Medical First Responder) dan rapat sosialisasi FKPPPD (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah).

Kegiatan pembukaan di laksanakan secara bersamaan di Aula Kantor Bupati Minahasa Selatan, dan di buka langsung Bupati Minahasa Selatan, Franky Dony Wongkar.

Untuk kegiatan pelatihan Water Rescue berlangsung selama lima hari, sedangkan untuk kegiatan bimbingan teknis MFR digelar selama tiga hari, serta kegiatan FKPPPD dilaksanakan sehari.

Harapan dengan adanya tiga kegiatan yang diikuti secara bersamaan dari masyarakat sebagai peserta, bisa memahami cara dan teknis pencarian dan pertolongan.

Kegiatan Water Rescue ini di ikuti sebanyak 50 peserta, bimbingan teknis MFR 25 peserta dan FKPPP 30 peserta, dimana semua peserta merupakan warga asli Minahasa Selatan.

Para peserta pelatihan Water Rescue akan mendapatkan materi cara pencarian dan pertolongan di air, selain itu peserta memperoleh bimbingan teknis MFR cara pertolongan pada kecelakaan atau musibah, sehingga perlu penanganan khusus.

Selain itu juga FKPPP dari seluruh peserta akan memberikan masukan atau rumusan cara – cara berkoordinasi dan pertolongan ke setiap lembaga pada saat terjadi musibah atau bencana alam.

Kegiatan yang berlangsung ini digelar sesuai standar protokol kesehatan untuk para peserta dengan menjalani tes antigen.

Seluruh peserta yang mengikuti berasal dari lembaga pemerintah daerah, seperti TNI, POLRI, BPBD, SATPOL PP, RAPI, ORARI, PMI serta masyarakat setempat.

Deputi Bina tenaga Basarnas Pusat, Abdul Haris Achadi, dalam sambutannya mengapresiasi kepada seluruh peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, sehingga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat, dimana pelatihan potensi ini kami adakan di setiap daerah di seluruh Indonesia, guna peningkatan kapasitas sumber daya manusia tentang bahaya saat terjadi musibah dan bencana.

Kegiatan tersebut sudah terjadwal di setiap kantor Basarnas di Indonesia, untuk pembinaan potensi dan secara berkala di setiap daerah.

Sementara itu, Bupati Minahasa Selatan, Franky Dony Wongkar, dalam sambutannya membuka tiga kegiatan tersebut, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak Basarnas yang sudah bersedia mengadakan kegiatan pelatihan tentang pencarian dan pertolongan di Minahasa Selatan, seperti diketahui potensi besar terjadi musibah di laut sangatlah besar.

Franky berharap seluruh peserta yang terlibat agar secara cermat dan mengikuti sampai selesai kegiatan di tutup, banyak ilmu SAR yang akan di dapat sehingga setelah selesai kegiatan, para peserta bisa mengaplikasikannya apabila terjadi bencana atau musibah di daerah ini dan tidak harus menunggu Basarnas turun, sehingga bisa bergerak sendiri untuk memberikan pertolongan pertama.**irz

Pos terkait