Masuk Program Strategis, Dinas Perikanan Berencana Kelola BBI Jadi Sumber PAD

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), berencana mengelola kembali Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan yang dinilai lama tak berfungsi.

Rencana program tersebut, dikatakan Kepala Dinas Perikanan Boltim, Nasarudin Paputungan bahwa BBI di desa Bukaka itu sudah masuk dalam rencana strategis program. Kita upayakan, menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Boltim.

Bacaan Lainnya

“Itu sudah dalam rencana strategis kita, kedepan BBI Bukaka kita upayakan bisa menjadi sumber PAD Boltim,” ungkap Nasarudin, saat disambangi diruang kerjanya pada Kamis (17/06).

Lanjut dijelaskannya, untuk mengelola BBI dimaksud,, perlu pembenahan serta peningkatan sarana dan prasarana, juga penyediaan tenaga-tenaga terampil yang menjadi pengelola langsung di tempat itu. “Sebenarnya tahun 2021, program ini sudah bisa kita realisasikan. Tetapi kita terkendala dengan anggaran. Kedepan, program ini bisa kita laksanakan,” jelasnya, siang tadi.

Selain pembenahan fisik dan penyediaan tenaga terampil, kata Nasarudin, dibutuhkan regulasi yang mengatur penjualan hasil produksi BBI sehingga, legal menjadi PAD. “Kita harapkan, benih ika air tawar disitu dapat didistribusi ke masyarakat dan ini menambah PAS kita,” ujarnya.

Diketahui, BBI Bukaka dibangun sejak Tahun 2014 silam, yang menelan anggaran sekira Rp 6 Miliar dengan pembangunan secara bertahap.

(Fidh)

Pos terkait