Jelang Ramadhan, DKP Bolmut dan PKM Bolangitang Sidak Pangan Aman

  • Whatsapp

Bolmut, detiKawanua.com – Guna menjamin keamanan pangan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan pangan segar maupun olahan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Bolangitang melakukan sidak ke sejumlah Rumah Makan.

Kepala Dinas (Kadis) DKP Ir Fatmah Humokor melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Sjarief Djarumia,SP mengatakan, Terkait dengan sidak ini ke sejumlah rumah makan dan pasar tradisional,agar masyarakat aman mengkonsumsi makanan,”Sebentar Lagi kita memasuki Bulan Ramadhan,masyarakat harus mengkonsumsi makanan sehat,”Tutur Djarumia. Rabu (8/04/2021)

Bacaan Lainnya

Menurutnya,Sidak yang di mulai dari tanggal 6 april 2021 dengan tujuan untuk pemantaun dan pengawasan keamanan pangan serta dilakukan pengambilan sampel pangan segar,” untuk sementara belum ada kasus yang didapat,dan kelayakan rumah makan dari sisi higenis masih aman,” ungkap Djarumia.

Di tempat yang sama, Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) UPTD PKM Bolangitang Akbar SKM menjelaskan,ini merupakan program Kesling dan salah satunya adalah inspeksi kesehatan lingkungan (IKL) dengan tujuan agar hak- hak Konsumen tentang kebersihan dan kesehatan terjamin maka puskesmas melalui petugas Kesling secara rutin melaksanakan pemeriksaan kebersihan makanan,penyimpanan,karyawan dan mengetahui sumber bahan pokok yang akan diolah berasal dari mana.

“Hari ini kami bekerjasama dengan DKP karena mereka ada program yang sama terkait Keamanan pangan,” tutur Akbar.

Lanjut,menjelang Ramadhan banyak masyarakat berbelanja makanan siap saji,”Dengan adanya kegiatan ini, Masyarakat bisa terjamin kesehatannya dari sisi Konsumsi,” pungkas Petugas Kesling PKM Bolangitang ini. (i***)

Pos terkait