BP3 Bitung Latih Kelompok Nelayan Budidaya Ikan Sangihe

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Bitung, terhitung Selasa (06/04/2021) hingga 8 April 2021 mendatang menggelar pelatihan dan penyuluhan perikanan bagi 30 kelompok nelayan budidaya ikan di Sangihe. Pelatihan ini sendiri digelar di Kantor Kampung Taloarene 1 Kecamatan Manganitu.

Dalam kesempatan itu Bupati yang diwakili Assisten II Pemkab Sangihe Gregorius Londo ketika memberikan sambutan menyatakan sangat berterimah atas perhatian BP3 Bitung yang siap melatih kelompok nelayan budidaya ikan di Sangihe.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap peserta pelatihan dapat memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga apa yang didapatkan dalam pelatihan bisa dipergunakan sebaik mungkin”, singkat Londo.

Sementara itu mewakili Kepala BP3 Bitung, Sub Kordinator  Kelompok Pelatihan Hidayat Lantah menegaskan pelatihan ini sendiri untuk menyiapkan SDM Kelompok Nelayan Budidaya Ikan di Sangihe.

“Kita siapkan SDM kelompok sehingga dalam pelaksanaan budidaya perikanan akan mampu beradaptasi dengan teknologi budidaya perikanan untuk mengenjot pendapatan atau hasil yang maksimal”, ujar Lantah.

Ia juga menyatakan dalam pelatihan ini diharapkan peserta atau kelompok nelayan budidaya ikan tidak hanya tergantung dari cara alami dalam budidaya tetapi dapat memahami perkembangan teknologi perikanan dalam budidaya.

“Sentuhan teknologi dalam budidaya perikanan sangatlah penting guna meningkatkan hasil sekaligus pemenuhan kebutuhan pangsa pasar perikanan. Sehingga dalam pelatihan ini juga akan disentil pemasaran dengan strateginya baik dari sisi kemasan hingga kualitas ikan”, imbuhnya sambil menyatakan bahwa akan ada bantuan fisik yang bakal diberikan nantinya.

Hadir pula dalam pelatihan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sangihe Reintje Tamboto, Camat Manganitu Trenov Toufan Pontoh, Kabid Budidaya DKP Sangihe Alfred Limpong, Kapitalaung Kampung Taloarane 1 Ernest Lelerang serta undangan lainnya. (Js)

Pos terkait