Evaluasi Penilaian SAKIP, Bolmut Kejar Predikat “BB”

  • Whatsapp

BOLMUT, detiKawanua.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Gelar kegiatan Workshop Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Kegiatan itu dibuka Secara Resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH, M,Si mewakili Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh,bertempat di Gedung Boroko Convention Canter.Rabu (24/03/2021)

Bacaan Lainnya

Sebagai mana intruksi presiden RI nomor 7 tahun 1999 tenteng akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, yang mewajibkan kepada setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintah negara.

“Untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kewenangan pengelolaan sumber daya dengan didasarkan pada suatu perencanaan strateik yang ditetapkan oleh masing masing instansi,”jelas Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat membacakan sambutan dari Bupati Bolmut.

Wujud pertanggungjawaban dimaksud berupa laporan yang disampaikan kepada atasan masing masing, lembaga pengawasan dan penilaian akuntabilitas dan akhirnya disampaikan kepada presiden selaku kepala pemerintah.

“Laporan tersebut menggambarkan kinerja instansi pemerintah yang bersangkutan melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP),”Kata Rachmat Pontoh.

Lanjut, Melihat hasil evalusai SAKIP pemerintah kabupaten bolmut dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, memperlihatkan trend peningkatan nilai setiap tahunnya.

“Pada tahun 2017 memperoleh nilai 45,68 dengan predikat C, kemudian tahun 2018 memperoleh nilai 53,38 dengan predikat CC, dan tahun 2019 berhasil memperoleh nilai 60,09 dengan predikat B,”Ungkap Dia.

Diakhir Sambutannya Dia berharap ini menjadi perhatian kita bersama agar apa yang diraih saat ini menjadi motivasi kepada kita semua jajaran perangkat daerah.

“Supaya kedepan terus membangun kolektifitas kerja tim, dengan demikian saya memberi target kepada tim penyusun LKIP kabupaten bolmut, untuk hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 mendatang harus memperoleh predikat BB,”Pungkas Rachmat R Pontoh SH,M,Si. (i***)

Pos terkait