Dihadiri Kepala Dinas dan Fasilitator, Kelulusan CKS Kelas B Terima STTPP

  • Whatsapp

Minsel, detiKawanua.com – Tatap Muka Fasilitator Diklat CKS Nasional DR Muhammad Ardiansyah SIP ,MPd , Kadis Pendidikan, CKS Kelas B serta Penerimaan STTPP (Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan) berlangsung penuh keakraban dan dalam nuansa kekeluargaan  bertempat di SMP N 2 Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (17/02/2021).

Dari penjelasan beberapa Guru yang sudah Lulus dalam Uji Kompetensi Calon Kepala Sekolah (Cakeps) Seleksi dimulai dari pemberkasan, kemudian seleksi Substansi (Wawancara dan praktek kepemimpinan secara Daring) Via Mikrosoftime.

Bacaan Lainnya

Fasilitator yang datang spesial Tatap Muka dengan CKS Kelas B Bapak Muhamad Ardiansa SIP MPd  dalam sambutannya menyatakan dierah Digitalisasi sekarang ini menuntut para Guru agar memiliki kompetensi yang diatas rata-rata apalagi seorang kepala sekolah, kenapa, karena kepala sekolah merupakan Managerial yang harusnya mampu memimpin, mengarahkan, membina dan mengeksekusi sesuatu hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan di sekolah.

“Memang Kepsek harus memenuhi standar uji Kompetensi Kepala Sekolah dengan salah satunya mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) nantinya CKS yang sudah Lulus Uji Kompetensinya tidak perlu berpikir untuk tetap pada sekolah yang sama , harus bergeser ke sekolah yang Akreditasinya jelas karena kita sudah memegang STTPP,” jelas Ardiansyah.

Kadis Dikpora Minsel DR Fietber Raco MSi menjelaskan sangat bersyukur karena para Guru yang mengikuti Uji Kompetensi CKP maka Rugi jika tidak diberdayakan SDM yang sudah ada di LP2KS karena sangat berguna dierah 4.O ini, maka Kepsek harus punya daya saing.

“Bersyukur para Guru dan sebagian sudah Kepala Sekolah dengan ulet , tekun dan sabar mengikuti setiap materi yang diselenggaran oleh LPPKS yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan, pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah.Dalam melaksanakan tugasnya, LPPKS menyelenggarakan fungsi sebagai berikut : Fasilitasi dan Pelaksanaan Penyiapan dan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah. Evaluasi Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah, maka bersyukur karena yang ada pasti punya kesempatan besar untuk menjadi kepala sekolah karena sesuai Permendikbud nomor 6 Tahun 2018,’ ujar Fietber.

Informasi dari para Peserta Diklat dan sudah Lulus secara bergantian menjelaskan awalnya ada 83 peserta baik SD maupun SMP,  dan akhirnya terjaring menjadi 42 peserta  kemudian 40 peserta mereka ini yang mengikuti diklat secara Daring selama 3 bulan dengan durasi 300 jam yaitu sekitar 85 hari.

Adapun beberapa Materi yang diujikan dalam CKS antara lain :

1. kepemimpinan

2. Managerial

3. Kewirausahawan

4. Supervisi Tendik

5. Rencana proyek kepemimpinan kepala sekolah

6. PK  (Peningkatan Kompetensi kepala Sekolah)

Ini sesuai Permendibud nomor 6 tahun 2018.

Adapun Kepsek SMP N 2 Amurang Paula Monik SPd, MAP mengucapkan terima kasih kepada Fasilitator , Kadis Dikpora , Kabid Calvin Mamoto, sembari bersyukur karena boleh dibuat ditempat sini dan acara boleh berlangsung dengan baik. Acara berakhir dengan ramatama makan bersama

(Vandumytrisno)

Pos terkait