Bupati Landjar Resmikan Rumah Sakit Pratama Boltim

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Bupati Bolaang Kabupaten Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar SH meresmikan selesainya pembangunan gedung Rumah Sakit (RS) Pratama tepat di desa Sumber Rejo Kecamtan Modayag pada Kamis (4/02).

Bupati menyampaikan, rasa syukur  pembangunan Rumah Sakit ini dapat terlaksana dengan baik, karena tidak mudah  memperjuangkan anggaran di pusat.

Bacaan Lainnya

Apalagi terkendala juga dengan masalah lahan untuk, pembangunan yang lama mendapat kepastian dari pemilik lahan di tempat lain seperti di desa Tobongon. Dan akhirnya, dapat lokasi pembangunan RS di Sumber Rejo ini.

“Melalui upaya dari kepala Dinas Kesehatan Boltim, yang terus mengawal proposal di pemerintah pusat. Sehingga, anggaran bisa kita dapat dengan persetujuan Kementerian Kesehatan RI setelah meninjau dan menyetujui lokasi di tempat ini, serta telah sesuai dengan RTRW terkait peruntukan lahan,” jelas Bupati.

Secara bertahap, lanjut Bupati, infrastruktur kepentingan publik sudah mulai terpenuhi terutama RS setelah didahului dengan pembangunan Puskesmas disetiap kecamatan. “Masih ada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, yang belum terbangun karena kendala RTRW. Namun mudah-mudahan tahun ini akan terwujud,” kata Bupati.

Alhamdulillah gedung rumah sakit ini sudah diresmikan sambil menunggu izin operasional.

“Pembangunan ini merupakan tahap awal, dari beberapa tahap pembangunan. Di tengah pandemi covid sekarang ini jika terjadi hal-hal darurat, maka gedung ini dapat di manfaatkan. Kedepan nanti, yang terpenting harus diperhatikan adalah kualitas pelayanan maksimal kepada masyarakat. Siapapun yang perlu perawatan dan pengobatan,” ucap Eyang, sapaan akrab Bupati Boltim.

Bupati juga menyampaikan usul kedepan lewat persetujuan dengan Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten (DPRD) Kabupaten Boltim, agar RS di namakan, Rumah Sakit Pemerintah Daerah Ambang Bolaang Mongondow Timur,” ujarnya.

Tak lupa Bupati ucapkan, terima kasih kepada Sekretaris daerah (Sekda), para Asisten, Kepala Dinas Kesehatan, semua pihak termasuk Camat dan Kepala desa (Sangadi-red) disekitar lokasi pembangunan yang telah turut mendukung sehingga, pembangunan dapat terlaksana dengan baik.

Terkait pembangunan RS tersebut, dalam laporan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boltim, Eko Marsidi SKM. ME menyampaikan bahwa anggaran Rumah Sakit Pratama bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 sebesar Rp 28.850.000.000, ditambah dengan anggaran Alat Kesehatan sebesar Rp 15.000.000.000.

“Diharapkan rumah sakit ini, akan menjadi rujukan covid sehubungan dengan pandemi yang ada di wilayah Boltim. Rumah sakit ini, dibangun mengacu pada RTRW berdasar Perda Nomor 10 Tahun 2013, pasal 33 bahwa Pembangunan Rumah Sakit dilaksanakan di kecamatan Modayag, Puskesmas di seluruh kecamatan dan Poskesdes dilaksanakan di seluruh desa. Juga telah melalui serangkaian kajian dokumen diantaranya, KLHS, Studi Kelayakan (Fisility Study) oleh tim teknis, DED, UKL UPL oleh tim teknis Unsrat dan IMB, semua dokumen ada pada kami,” ungkap Eko.

Turut hadir dalam acara peresmian RS dimaksud, Sekretaris Daerah, para Asisten, kepala SKPD, Kapolres Boltim, yang mewakili Dandim 1303 Bolmong, yang mewakili Kajari Kotamobagu, para Camat, Sangadi se kecamatan Modayag serta masyarakat sekitar.

(Fidh)

Pos terkait