Atasi Masalah Sampah Di Manado, Gubernur Olly Langsung Pastikan Lokasi Di Desa Ilo-Ilo

  • Whatsapp

(foto:ist)

Sulut, detiKawanua.com – Gubernur Olly Dondokambey pada Senin (01/02/2021) secara langsung turun melihat lokasi pembangunan tempat pengelolaan akhir sampah Regional Manado yang berlokasi di Desa Ilo-Ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Dimana, salah satu tujuan guna mengatasi permasaalahan di Kota Manado yang dinilai tempat pengelolaan sampah belum efektif.

Bacaan Lainnya

Menurut gubernur, nantinya keberadaan dari tempat pemprosesan akhir sampah tersebut akan menjadi salah satu solusi penanganan sampah di Manado, bahkan juga untuk Kabupaten Minahasa, Minut dan Kota Bitung.

“Ini (tempat pemprosesan sampah) nanti bukan menjadi tempat pembuangan sampah, tapi jadi (tempat) pengelolaan sampah yang akan diubah menjadi energi listrik,” ungkapnya yang menambahkan bahwa tak akan ada kendala dalam pelaksanaan proyek dimaksud, karena untuk anggaran bersumber dari APBN yang dikucurkan secara dua tahap.

“Tahap pertama telah Rp124 miliar, tahap kedua juga Rp100-an miliar di tahun ini, dan ini adalah proyek multi year. Untuk ketersediaan lahan diungkapkannya sudah tidak ada masalah sudah dibebaskan yang dulunya adalah lahan HGU, sudah disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sebesar 12 hektare dan ditargetkan akhir tahun 2021 ini sudah dapat beroperasi, tak ada kendala lebih cepat akan lebih baik,” ujarnya.

Terkait akan menjadi sumber energi listrik, kata Gubernur Olly nantinya akan dioptimalkan sampah dari kota Manado dan Kabupaten Minahasa, Bitung juga Minut.

“Karena untuk energi listrik dibutuhkan minimal 1.000 ton sampah per hari, sedangkan kalau Manado saja hanya 500 ton per hari, makanya sampah dari Minahasa, Minut dan Bitung akan dibuang di sini,” terang Gubernur Olly sembari mengatakan sudah banyak investor yang siap mengelola proyek TPA regional ini.

Diketahui turut serta bersama Gubernur Olly diantaranya, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulut Rus’an M. Nur Taib, Sekprop Edwin Silangen SE MS, Kadis PUPR Adolf H Tamengkel, Kadis Praskim Steve Kepel, Kadis Penanaman Modal dan PTSP Franky Manumpil, Staf Khusus Pdt Lucky Rumopa MTh.

(*/mild70)

Pos terkait