Penjabat Bupati Boltim, Saksikan Penandatangan NPHD Untuk Rumah Ibadah

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk rumah ibadah mesjid dan gereja yang berlangsung di aula lantai 3 kantor Bupati, disaksikan Pjs. Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Christiano E. Talumepa, SH. M.Si pada Jumat 13 November 2020.

Penandatanganan NPHD untuk bantuan rumah ibadah tersebut, dilakukan antara Kabid Aset BKD provinsi mewakili Pemerintah Provinsi dengan Imam dan Pendeta penerima bantuan untuk rumah ibadah masing-masing berjumlah 20 juta rupiah setiap rumah ibadah.

Bacaan Lainnya

Seperti yang disampaikan Melky Matindas, SE. MAP Kabid Aset BKD Provinsi bahwa, pada tahun 2020 ini Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) telah menganggarkan batuan untuk 22 rumah ibadah mesjid dan gereja. Dan yang telah disalurkan adalah bantuan untuk 5 rumah ibadah serta untuk sisa 17 rumah ibadah yang dilaksanakan pada hari ini proses administrasi dan penanda tangan NPHD.

Dalam sambutan pada acara tersebut Pjs. Bupati Boltim, menyampaikan bahwa program ini patut diberikan apresiasi kepada tim dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Karena, ini merupakan bagian dari atensi atau perhatian Pemprov terhadap Pemkab Boltim khususnya untuk pemberian bantuan bidang keagamaan, dalam hal ini untuk rumah ibadah.

“Bantuan ini tentunya, didasari dengan proposal dari pengurus mesjid atau gereja kepada Gubernur Sulawesi Utara. Kemudian saya disini berbicara dua fungsi, satu mewakili pemerintah provinsi karena saya adalah pejabat di provinsi yang ditugaskan di sini sebagai Pjs. Bupati, jadi badan saya setengah di Provinsi dan setengah di Boltim, tetapi hakekatnya satu di masyarakat Boltim,” ujarnya.

Sebagai Pjs. Bupati, saya memimpin pelaksanaan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, kalau bicara pemerintahan maka didalamnya ada keagamaan. Dan saya melihat banyak rumah ibadah dalam proses pembangunan atau renovasi. Ini merupakan starting point, awal dari pemerintah provinsi memberikan bantuan untuk rumah ibadah. Dana ini bisa digunakan sesuai kebutuhan, kedepan akan ada lagi dari pemerintah provinsi.

“Selanjutnya salah satu tugas pemerintah daerah adalah mengsukseskan Pilkada 9 Desember nanti, oleh karena itu pada kesempatan yang strategis ini saya menitipkan kepada bapak ibu yang merupakan tokoh agama, tokoh umat yang ada untuk dapat menghimbau kepada umat atau jemaat agar supaya dalam agenda nasional 9 Desember nanti, agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik. Jaga keamanan, agar jamaah tetap dalam kondisi yang kondusif. Jangan hanya karena pilkada, hubungan kekeluargaan jadi renggang. oleh sebab itu, berikan pemahaman kepada jemaah muslim atau kristen untuk berpartisipasi mengsukseskan Pilkada aman dan damai karena bapak ibu adalah teladan untuk umat “Mudah mudahan bantuan dari pemerintah Provinsi ini, akan bermanfaat untuk masyarakat. Dan harapan kami, pemerintah kabupaten agar kedepan akan ada lagi,” ucap Talumepa.

Hadir pada acara tersebut, asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Priyamos, Kaban Keuangn Wiwiek Buhari, Kabag Kesra dan dari unsur Pemerintah Provinsi serta tokoh agama muslim dan kristen. (Fidh)

Pos terkait