Pemkab Minut Dipilih Pusat Jadi Lokasi Advokasi BPIP

  • Whatsapp

(foto:ist)

Minut, detiKawanua.com – Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI) memilih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) sebagai lokasi advokasi pembinaan ideologi Pancasila bertema advokasi moderasi dan Kerukunan Umat Beragama (KUB), di aula kantor Bupati Minut, Kamis (15/10/2020).

Bacaan Lainnya

Kepercayaan tersebut diapresiasi Pemkab Minut, dengan memberi penghargaan yang tulus kepada segenap jajaran BPIP RI, sebagaimana diungkapkan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Minut, Clay JH Dondokambey SSTP MAP.

“Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan PenyertaanNya maka kita dapat bertemu dalam rangka mengikuti kegiatan advokasi pembinaan ideologi Pancasila dengan tema advokasi moderasi dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Kabupaten Minut dalam keadaan yang sehat” ucap Pjs Bupati Clay pada sambutan dalam kegiatan tersebut.

“Terkait dengan itu maka atas nama Pemkab Minut perkenankan saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap jajaran BPIP RI yang telah berkenan memilih dan mempercayakan tanah Minahasa Utara menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan yang tentu sangat bermanfaat,” sambungnya.

Masih dalam sambutan, Clay mengatakan bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara dan ideologi serta pandangan hidup bangsa adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

“Walaupun harus kita akui nilai-nilai Pancasila belum secara sempurna mampu kita realisasikan dalam berbangsa dan bernegara, namun kita juga harus bangga bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa dan negara dapat bertahan sampai saat ini berkat Pancasila. Slogan Bhineka Tunggal Ika harus terus diperjuangkan dalam kesadaran yang tinggi oleh komponen bangsa, sehingga nilai-nilai dasar menjadi energi positif dalam kita merealisasikan visi dan misi bangsa itu sendiri,” jelas Clay.

Ditambahkannya, berangkat dari kegiatan ini tentu tujuannya akan semakin memperkuat kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerja sama, bergotong royong bahu membahu dalam menyelesaikan persoalan dan permasalahan yang ada, sehingga tatanan kehidupan bermasyarakat yang rukun adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan dapat dinikmati bersama.

“Mari kita membangun tekad dan semangat dalam kebersamaan sehingga harapan berlandaskan Pancasila itu menyongsong kehidupan, berbangsa dan bernegara yang lebih baik akan kita capai,” serunya.

Sementara itu, Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP RI, Dr Ani Purwanti SH M Hum, menerangkan bahwa BPIP hadir di Kabupaten Minut ini ingin mendengarkan secara langsung sukses story atau keberhasilan Minut dalam menyelesaikan konflik.

“Khususnya yang terkait dengan pendirian rumah ibadah dan toleransi, moderasi, advokasi, yang berkaitan dengan beragama. Sungguh kami melihat bahwa persoalan yang dialami di Minut ini juga menjadi masalah di wilayah yang lain dan cukup sulit untuk diselesaikan, kadang-kadang menimbulkan konflik yang berkepanjangan dan semakin meruncing,” ucap Ani Purwanti.

“Sukses story atau keberhasilan dari persoalan khususnya pendirian Rumah Ibadah yang telah berhasil diselesaikan di Minut dengan sangat cepat, sangat baik dan kelihatannya tidak ada konflik lanjutan atau tidak semakin ada masalah lagi setelah selesainya masalah itu,” lanjutnya.

“Kabupaten Minut ini kami melihat begitu toleransi keberagamannya sangat tinggi sudah terbangun sejak lama, dan semakin kesini dengan berbagai persoalan dimiliki yang terjadi di Indonesia seakan-akan tidak terpengaruh, semakin solid, toleransinya semakin kuat, dimana-mana terjadi demo yang anarkis, sungguh kami kagum dengan Sulut,” pungkasnya sembari menjelaskan BPIP adalah lembaga setingkat Kementerian tetapi mempunyai kekhususan yaitu menyemai, mengharus utamakan nilai-nilai Pancasila yang telah menjadi pandangan hidup, ideologi, dan dasar negara.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda, Pemkab Minut beserta Jajaran, para Camat. tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

(*/Mild70)

Pos terkait