Peduli Lingkungan, Millenial BMI Manado Dan DLH Sulut Bersihkan Pesisir Pantai

  • Whatsapp

(foto:ist)

Manado, detiKawanua.com – Bentuk kepedulian akan kebersihan lingkungan terutama di wilayah pesisir pantai merupakan suatu keharusan bagi semua masyarakat, sebagaimana hal tersebut dibuktikan oleh para kaum millenial (anak muda) dari DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Manado yang merupakan salah satu organisasi sayap pada partai PDI Perjuangan (PDIP), yang pada Kamis (20/08/2020) pagi telah melaksanakan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai tepatnya di Kelurahan Malalayang Satu Timur.

Bacaan Lainnya

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 631 kilogram sampah campuran dan 116 sampah daur ulang berhasil dibersihakn dikumpulkan dari pesisir pantai.

Aksi bersih-bersih pesisir pantai yang berjalan sesuai protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan membatasi jumlah peserta kegiatan) itu juga, merupakan bagian rangkaikan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 75 Tahun yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Sulut.

Dimana, selain muda-mudi BMI Manado dan DLH, juga terlihat ada warga setempat yang turut serta dan mendapat edukasi singkat tentang pengelolaan sampah yang disampaikan langsung Kepala DLH Daerah Sulut, Ir Marly Gumalag dengan menyampaikan bahwa, setiap orang di dunia menghasilkan 0,7 kilogram sampah per harinya.

“Bayangkan dengan jumlah penduduk di Kota Manado yang hampir 500 ribu jiwa, yang bisa menghasilkan 350 ton sampah per hari dan itu bukan angka yang kecil. Oleh karena itu, kebiasaan untuk melakukan bersih-bersih itu adalah hal yang penting. Apalagi di alam seperti ini, yang nantinya akan dinikmati anak-cucu kita nanti. Tentu perlu kita jaga kebersihannya,” ungkap Gumalag.

Disamping itu, Gumalag juga mengapresiasi kegiatan positif yang dlaksanakan DPC BMI Manado, dengan menegaskan untuk segala kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup pasti disupport dan dibantu dengan materi pembelajaran tentang lingkungan hidup.

“Kita sangat mensupport, siapa saja, organisasi apa saja silahkan, pemerintah pasti hadir. Apa lagi ini sebagai anak-anak muda, saya mengapresiasi. Semoga ini berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat sekitar juga,” lanjutnya.

Terpisah itu, dikatakan Ir Jean Sumilat yang merupakan Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Malalayang, turut mendampingi dan mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.
Dimana dirinya juga berpesan kepada DPC BMI Manado agar peduli terhadap lingkungan sekitar yang dimulai dari hal kecil seperti bersih-bersih sampah yang telah dilakukan.

“Gerakan ini juga untuk mengundang program pemerintah, dalam hal ini menjaga lingkungan sekitar pesisir pantai demi kenyamanan masyarakat sekitar juga,” pesan Sumilat yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Manado dari Fraksi PDIP.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Natanael Pepah SE didampingi Sekretaris Renaldo Bawimbang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah ambil bagian pada kegiatan tersebut, terlebih DLH Daerah Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPC BMI Manado, Marchellino Ratu, para pengurus dan sejumlah anggota serta masyarakat sekitar lokasi pesisir pantai di kompleks Lorong Orang Sanger (LOS). (**)

Pos terkait