Example floating
Example floating
Example 728x250
HEADLINELINGKUNGANMINUTNASIONALPOLITIK/PEMERINTAHANSULAWESI UTARA

Kembali, Gubernur Olly Tinjau Bendungan ‘Pengendali Banjir’ Di Minut

×

Kembali, Gubernur Olly Tinjau Bendungan ‘Pengendali Banjir’ Di Minut

Sebarkan artikel ini

(foto:ist)

Minut, detiKawanua.com – Kembali pada Selasa (18/08/2020), Gubernur Olly Dondokambey meninjau lokasi pembangunan pengerjaan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), yang diketahui dampak manfaat dari bendungan tersebut bagi masyarakat Sulut cukup besar karena menjadi salah satu dari 49 bendungan baru sebagai proyek strategis nasional program Kementerian PUPR berbandrol Rp1,4 Triliun yang akan selesai pada tahun 2021 mendatang.

“Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 75 persen,” ujar Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi I Bastari.

Adapun Bendungan Kuwil Kawangkoan itu merupakan bagian dari pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir 470 meter kubik per detik, sebagaimana belajar dari pengalaman musibah banjir bandang yang pernah terjadi di Manado pada 2014 silam.

Di sisi lain, waduk itu juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebesar 4,5 meter kubik per detik, Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) dengan kapasitas 2 x 0,70 MW, serta pengembangan pariwisata.

Dimana, pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang memiliki kapasitas tampung 23,37 juta meter kubik dan luas genangan 139 hektare (ha) itu dikerjakan oleh PT Wijaya Karya-DMT lewat skema Kerja Sama Operasi (KSO), serta PT Nindya Karya (Persero) Tbk.

Dalam kegiatan peninjauan itu turut dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan jajaran Balai Sungai Wilayah Sulawesi I. (mld70/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.