Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
SULAWESI UTARA

Bupati Boltim, Bakal Menerima Jamkesda Award di Jakarta

×

Bupati Boltim, Bakal Menerima Jamkesda Award di Jakarta

Sebarkan artikel ini

Kepala Dinkes Boltim, eko Marsidi.

Boltim, detiKawanua.com – Bupati Kabupaten Boltim, akan menerima Jamkesda Award dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Republik Indonesia di Jakarta, pada Selasa (01/09) hari ini.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Eko Marsidi menerangkan, penghargaan yang akan diterima oleh Bupati tersebut atas kerjasama BPJS pusat, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. “kriterianya, Bupati dinilai peduli dengan masyarakatnya karena mengalokasikan dana untuk program Jamkesda,” ucap Eko, akhir pekan kemarin.
Dirinya, mengungkapkan pada 2012 lalu terdapat 800 masyarakat miskin yang ditanggung Pemerintah daerah (Pemda) melalui program Jamkesda. Selanjutnya, pada 2013 sebanyak 1.600, pada 2014 sebanyak 6 ribu dan meningkat Tahun ini menjadi 10 ribu peserta. “Pak Bupati sudah lama mengimplementasikan Undang-undang Jaminan Kesejahteraan Nasional dan Perpres 111 tentang, BPJS,” paparnya.
Katanya, upaya Bupati terhadap kesehatan warga Boltim patut diapresiasi. anggaran kesehatan sudah sesuai ketentuan yakni, lebih dari 10% dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), “kepedulian Bupati Boltim, terhadap masyarakat sangat intens dengan turun langsung ke lapangan guna melihat situasi warganya. sering harus mengeluarkan uang sendiri,” beber Eko kepada sejumlah awak media.
Bahkan untuk warga lanjut usia pun, Bupati Sehan Salim Landjar telah memerintahkan pihaknya, untuk meningkatkan pelaksanaan program terhadap para lansia tersebut, “tak hanya yang sakit, yang sehat pun tetap dijaga dengan rutin mendorong mereka untuk ke Posyandu lansia, dan pemberian susu. Bupati pun sering mengunjungi lansia,” ungkapnya.
Tak hanya itu, terjadi peningkatan fasilitas kesehatan seperti Poskesdes yang mencapai 30 unit. yang 22 diantaranya dibangun Pemda dan membangun Tujuh Puskemas di Lima kecamatan, “sudah adanya peningkatan mutu pelayanan di seluruh puskemas dibuktikan dengan sarana sudah memenuhi standar,” tuturnya.
Terpisah, Bupati Sehan Salim Landjar mengaku kaget akan mendapat penghargaan tersebut. apapun yang dilakukannya selama ini semata hanya untuk kepentingan masyarakat. “Saya akan menerima penghargaan dari Kemenkes besok malam. Boltim dinilai paling peduli terhadap kesehatan masyarakat melalui program Jamkesda dan BPJS. Saya kaget karena Boltim termasuk daerah yang peduli kesehatan masyarakat,” ujar Eyang sapaan akrab Bupati Boltim. (Fidh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.