Example floating
Example floating
Example 728x250
BOLTIM

Jelang HUT RI Ke 78, Kemeriahan Hiasi Pesta Rakyat Kecamatan Kotabunan

×

Jelang HUT RI Ke 78, Kemeriahan Hiasi Pesta Rakyat Kecamatan Kotabunan

Sebarkan artikel ini

Boltim, detiKawanua.com – Puncak Acara Kegiata Lomba dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke 78 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ditandai dengan acara “Bakar Nasi Jaha Masal” atau Binarundak di halaman kantor Camat Kotabunan pada Minggu (13/8/2023).

Diketahui, di daerah Bolaang Mongondow terdapat makanan khas yang bernama binarundak, Wwarga sekitar juga sering menyebutnya nasi Jjaha atau nasi bulu (bambu) karena nasi yang dibakar di dalam Bambu yang dilapisi daun pisang didalamnya. bahan utamanya adalah beras ketan. Binarundak diolah dengan cara mencampurkan beras dengan rempah-rempah yang khas dan juga santan. Binarundak atau nasi jaha ini mempunyai cita rasa yang gurih, karena rempah dan manis karena santan yang terkandung didalamnya.

Acara Puncak tersebut juga di rangkaikan dengan pengumuman juara serta penyerahan hadiah pemenang lomba gerak jalan, drum band serta tarian dana-dana.

Mewakili Bupati Kabupaten Boltim, Asisten Bidang Pemerintahan, Hendra Tangel SH mengapresiasi pelaksanaan acara puncak dalam rangka menyambut HUT RI Ke 78 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Kotabunan “Penutupan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 78 di kecamatan Kotabunan atas nama pemerintah Kabupaten mengucapkan terima kasih, yang sebesar-besarnya kepada panitia, Camat, Kepala desa dan seluruh masyarakat Kotabunan yang telah melaksanakan memeriahkan HUT RI ke 78. Artinya, bahwa kita mengisi hari kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang tidak hanya seremonial saja. Tetapi, kegiatan yang memiliki tujuan, saya juga melihat dari media sosial ada juga kegiatan bakar-bakar Binarundak masal ini adalah, inovasi yang patut juga di pertahankan,” ucap, Tangel.

Turut Hadir Camat Kotabunan, Inspektur Daerah, para Kepala OPD, Kepala Desa se kecamatan Kotabunan dan Seluruh Masyarakat Kotabunan.

(Fidh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.