Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
BOLTIMSOSIALBUDAYA

Dekranasda Selenggarakan Penjurian Sayembara Desain Batik Khas Boltim

×

Dekranasda Selenggarakan Penjurian Sayembara Desain Batik Khas Boltim

Sebarkan artikel ini

Boltim, detiKawanua.com – Pengurus Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menyelenggarakan Kegiatan Penjurian Sayembara Batik Khas Boltim tepat di lantai Satu Kantor Bupati Boltim pada Selasa (04/072023).

Sayembara Desain batik khas Boltim tersebut, diikuti oleh 6 Peserta dari berbagai utusan. Dan yang bertindak sebagai juri yaitu Kepala Dinas Pendidikan Boltim Yusri Damopolii S.Pd MM, Andi Ayub Mangoli dan Chairun Mokoginta.

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Boltim, Ny Seska Ervina Budiman S.Sos mengatakan, Dekranasda Boltim mengadakan kegiatan sayembara Batik Khas daerah merupakan wujud nyata Dekranasda Boltiim dalam melestarikan Budaya lewat Kerajinan “Sebagai salah-satu tugas dan fungsi Dekranas adalah untuk menggali serta melestarikan warisan tradisi, dan budaya bangsa yang tercermin pada berbagai produk kerajinan. Maka Dekranasda Boltim, mengadakan sayembara batik khas daerah,” jelas, Seska Ervina.

Lanjutnya, tujuan dari penyelenggaraan sayembara ini adalah untuk menggali ide kreatif dari seluruh lapisan masyarakat Boltim “lomba desain batiik ini, merupakan ajang untuk menggali ide kreatif dari para seniman, pemerhati batik serta pelaku usaha dan masyarakat dalam menghasilkan karya desain motif batik khas Boltim,” bebernya.

Ia beharap, desain yang diisajikan oleh peserta mengusung kearifan lokal “melalui kegiatan ini kami berharap, akan diperoleh design motif batik yang menari, elegan dan bernilai seni yang mengambil sumber inspirasi yang mengusung kearifan lokal Kabupaten Boltim,” harapnya.

Berikut Desain Batik yang dibuat oleh Irwandi Mamonto pemenang sayembara batik jhas Boltim, dan para pemenang desain batik khas Boltim :

Pemenang Pertama Irwandi Mamonto

Pemenang Kedua IIlham Mamonto

Pemenang Ketiga Noprisia Pulu

Pemenang Keempat Suhendro Paputungan

Pemenang Kelima Rio Alfareza

Pemenang Keenam Murni Christin Purba

(Fidh)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.