Pertama di Gorontalo, Kolaborasi Pemkab Bone Bolango Dan UNG Hadirkan Edu-Geowisata

  • Whatsapp

Bone Bolango, detiKawanua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango berkolaborasi dengan Tim Program Holistik Pembinaan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menghadirkan Edu-Geowisata pertama di Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat melaunching Desa Edu-Geowisata “Oluhuta Journey”, di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, mengatakan, merasa bersyukur Bone Bolango bisa menjadi satu-satunya lokasi pengembangan wisata berbasis geosite tepat di desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone.

Bacaan Lainnya

“Oluhuta ini sangat kaya. Karena sangat berdekatan dengan Taman Laut Olele, dan Hiu Paus Botubarani, maka ini sangat komplit guna menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung,” ujar Bupati, pada Kamis (13/1/2022)

Bupati pun berharap, apa yang telah dirintis oleh 13 mahasiswa PHP2D UNG ini untuk terus dikembangkan, agar dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat serta Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Negeri Gorontalo, Karmila Machmud, mengungkapkan, bahwa program PHP2D ini dilaksanakan untuk melatih mahasiswa dalam mengembangkan wilayah pedesaan. Ia juga menambahkan, pada Tahun 2021 kemarin, UNG berhasil meraih peringkat 3 dalam PHP2D ini.

“Maka melalui program ini, kami berharap para mahasiswa dapat menunjang segala aspek yang dapat didorong untuk dikembangkan di seluruh desa yang ada di Bone Bolango maupun Gorontalo” jelas, Karmila Machmud.

Adapun hasil dari Tim PHP2D ini, berhasil menghadirkan Oluhuta Journey Finding yang didalamnya terdapat situs kerangka manusia Oluhuta yang diperkirakan berumur sekitar 700 tahun dan tertimbun dikedalaman tanah 2 meter. Serta wisata lautan terangkat.

(Tim IKP/Humas/Kominfo//Mfd)

Pos terkait