TNI AL Dan Kodim 1301 Ikuti Upacara Hut TNI Ke 76 Secara Virtual

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – DanLanal Tahuna Kolonel (P) Sobarudin MTr Hanla bersama Forkopimda mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 TNI secara virtual dari Papanuhung Tampungang Lawo Kabupaten Kepulauan Sangihe Senin (5/10/21). Walaupun dilaksanakan secara virtual,  bersama Forkompinda mengikuti dengan khidkmat.

Upacara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat karena masi ada wabah Covid-19. Di daerah kabupaten kepulauan Sangihe, upacara dilaksanakan di ruang Papanuhung Santiago Tampungang Lawo, dengan peserta terbatas dan disiarkan secara virtual dari Istana Merdeka Jakarta. Presiden Republik Indonesia H. Ir. Joko Widodo sebagai panglima tertinggi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Bacaan Lainnya

Upacara diawali dengan sesi mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Presiden Joko Widodo mengatakan” keberhasilan kita dalam menangani covid 19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI kemampuan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk objek menunaikan setiap tugas yang diberikan saya minta ” kata Joko Widodo.

“Kita selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan pencurian kekayaan alam di laut, terorisme, ancaman cyber, dan ancaman ideologi termasuk juga ancaman bencana alam. menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas formasi pertahanan harus terus dilanjutkan letakkan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis. Ungkap Jokowi.

Dilanjutkannya pondasi utama transformasi pertahanan TNI yang Manunggal dengan rakyat keamanan rakyat semesta aktif dengan pertahanan berlapis pemanfaatan lompatan teknologi militer dan pertahanan yang terencana modernisasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan, “kembali kita harus bergeser dari kebijakan pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang jangka panjang yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan, ” ujar Jokowi.

Selesai Danlanal Tahuna Kolonel (P) Sobarudin MTr Hanla mengungkapkan dalam rangka HUT ke-76 TNI, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa TNI siap bersinergi dengan semua komponen dan masyarakat untuk negeri.

“Oleh karena itu, beserta semua elemen pemerintahan dan masyarakat bersinergi dalam rangka membangun Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ucap Sobarudin.

Lebih lanjut Sobarudin mengatakan, terkait profesionalisme, maka anggota TNI AL melaksanakan arahan presiden selaku panglima tertinggi.

mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke 76.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke 76, dengan harapan seperti yang disampaikan bapak presiden menjadi pedoman seluruh anggota TNI dan masyarakat di Indonesia,” kata Bupati Jabes E Gaghana SE ME melalui Sekertaris Daerah Herry Wollf.

Selain itu Bupati juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh anggota TNI khususnya lagi diKabupaten kepulauan Sangihe yang telah bekerjasama dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah daerah kabupaten Sangihe.

Upacara Virtual tersebut dihadiri oleh Bapak Hery Wolf (Sekda Kab. Kepl Sangihe) mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe). Kolonel Laut (P) Sobarudin, M.Tr. Hanla (Danlanal Tahuna). Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P, M.I.Pol. (Dandim 1301/Sangihe ). Kompol Fery Manaopo (Wakapolres Kepulauan Sangihe) mewakili Kapolres Kepulauan Sangihe. Bapak Josephus Kakondo( Ketua DPRD Kab. Kepl. Sangihe) Perwira Staf Kodim 1301/Sangihe, Perwira Staf Lanal Tahuna, Bintara tamtama TNI-Polri. (Js)

Pos terkait