Ketua Legislator, Fuad Landjar Support Program Pariwisata Boltim

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Melalui promosi, dan pembenahan fasilitas yang ada di daerah ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus menggenjot program pariwisata.

Berkaitan dengan progra dimaksud, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, Fuad Landjar menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung seluruh program yang digelontor Pemkab, termasuk pariwisata Boltim. “Jika itu bermanfaat untuk daerah, kami dari lembaga legislatif akan mensupport secara penuh, termasuk melalui budgetting (anggaran-red) sesuai fungsi kami di legislatif,” ujar Fuad.

Bacaan Lainnya

Ia mengakui bahwa, seluruh potensi wisata Boltim akan menjadi prospek untuk peningkatan ekonomi daerah jika terkelola dengan baik. Namun, support anggaran akan sangat berpengaruh nanti.

“Selain Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika pariwisata Boltim maju, ekonomi masyarakat juga akan ikut bergerak. Hanya saja, pemerintah memang perlu menetapkan perencanaan yang baik, supaya pembangunan fasilitas fisik dan promosi wisata kita betul-betul maksimal. Saya berharap, Pak Bupati Boltim, dan jajaran SKPD terkait, tidak mengabaikan sistem perencanaan. Supaya tidak ada lagi pembangunan fisik yang mubazir, dan justru merusak destinasi wisata kita,” jelas Fuad.

Salah-satu sukses pariwisata selain promosi, fasilitas memadai, juga adalah kedatangan ke Boltim. Baik wisatawan domestik maupun manca negara, faktor kedatangan mereka akan mempengaruhi capaian sukses program tersebut. Fuad Landjar, menganggap harus ada hal menarik yang diciptakan, agar orang tertarik datang ke Boltim.

“Kita bisa gelar festival daerah, baik itu festival budaya, atau melihat potensi sumberdaya yang bisa kita laksanakan iventnya. Orang luar harus tahu bahwa Boltim itu punya apa saja, sehingga mereka tertarik datang. Tentunya, ini sudah ada dalam perencanaan Pak Bupati. Beliau sebagai eksekutor, perlu dapat support dari kami sebagai legislator. Karena itu, saya mewakili teman-teman di DPRD Boltim, menyampaikan dukungan penuh,” sebut, Fuad.

Boltim dengan potensi holtikultura di wilayah pegunungan, kata Fuad, bisa menjadi support sistem dari beberapa festival internasional yang digelar daerah lain. Festival Potato Kabupaten Minahasa Selatan, para petani bisa memasok kentang dari Boltim. Begitu pula festival bunga Tomohon. Pasokan bunga yang dibutuhkan untuk memenuhi stok cukup besar, dan petani Boltim bisa bekerjasama untuk itu. Termasuk, festival Teluk Tomini yang biasa digelar Pemkab Bolmong Selatan. Wilayah laut Boltim dan Bolsel yang berbatasan langsung, akan sangat berpotensi untuk mendukung program tersebut.

“Kita harus optimis untuk memajukan daerah. Untuk itu, perlu keharmonisan antara para pemimpin, serta masyarakat. Kami dari legislatif sekaligus wakil rakyat Boltim, akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah,” pungkas, Fuad Selasa (19/10/2021) kemarin.

(Fidh)

Pos terkait