Prioritaskan Bangun Jalan Paving Block, Sangadi : Demi Kebutuhan Warga Masyarakat

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Kegiatan pekerjaan pembangunan jalan paving block lingkar desa Tombolikat Induk kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tepat di bagian barat dusun 4 saat ini tengah action, dan sudah masuk tahap 70 persen.

Terkait pembangunan jalan dimaksud, Kepala desa (Sangadi-red) Tombolikat Induk, Muhammad Nur Alheid menuturkan, pekerjaan mulai action sekitar bulan kamarin. Tahapannya masuk 70 persen, dan jika tak ada aral melintang dalam waktu dekat kita lakukan finishing.

Bacaan Lainnya

“Nah, pekerjaan jalan paving block dengan pagu anggaran Rp.205.232.825 bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2021, ini dengan panjang 157 meter, lebar 2,5 meter, waktu pekerjaan 90 hari kalender dibangun untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Olehnya, sebelum adanya pekerjaan kita sudah melakukan rembuk bersama masyarakat lewat musyawarah desa mengenai jalan lingkar belakang dibagian barat dusun 4 tembus di dusun lainnya, yang memang pada prinsipnya sangat dibutuhkan. Sebabnya kita jadikan prioritas. Selain itu, jalan ini nantinya akan dilalui oleh anak-anak sekolah ke SMK desa Tombolikat Selatan sehingga, dinilai bisa mengurangi biaya transportasi mereka,” urai Sangadi kepada awak media ini.

Tak hanya itu, lanjut Sangadi jelaskan bahwa, kedepan kita rencanakan jalan desa lingkar belakang desa supaya dibangun drainase sekira 400 meter “Melalui Musrembang kabupaten beberapa bulan kemarin, kita sudah usulkan soal drainase ke instansi terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Boltim pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021 dengan estimasi anggaran sejumlah Rp 600 juta. Untuk Dana Desa kita programkan bangun jalan lingkar hingga ke desa Tombolikat Selatan dengan volume sekitar 1,5 kilometer, juga ke desa Kayumoyondi dibagian timur 1 kilometer yang usulkan dananya Dana Desa dan program Pengembangan Insfrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW). Semuanya demi dan untuk warga masyarakat Tombolikat Induk” jelas, Sangadi pada Senin (20/09/2121)

Dirinya menambahkan, menghimbau ke warga, mari kita jaga bersama jalan lingkar ini, jangan sampai dirusak, jaga kebersihan lingkungan.

“Pemeliharaan jalan, itu tanggungjawab pemerintah desa. Tak lupa Saya ucapkan terimakasih, kepada pendamping desa yang sudah membantu serta mendukung kegiatan baik, dari sektor pembangunan beserta kemasyarakan khusunya di desa Tombolikat Induk. Saya selaku Kepala desa, mempunyai tugas fungsi hak serta kewajiban yang memimpin, membina, penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Artinya, Saya melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme sesuai Undang-Undang dan peraturan berlaku” paparnya, sembari mengimbau siang tadi

Sementara itu, Pendamping Desa Teknis Infrastruktur (PDTI) kecamatan Tutuyan, Selvi Lintong ST mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat evaluasi dengan pemerintah desa, menyangkut pembangunan jalan paving block lingkar desa. Saya mempunyai Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mendampingi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa bidang inftrastruktur dasar, peningkatan kapasitas kader desa teknis, fasilitasi pembangunan yang bersekala lokal desa. Diantarnya, memberikan pelatihan dan bimbingan teknis konstruksi secara sederhana kepada kader teknik dan masyarakat sesuai dengan kondisi kekhususan setempat. Memberikan bimbingan teknis dalam pembuatan desain dan RAB. Fasilitasi pelaksanaan pembangunan, pengelolaan, dan pemeliharaan sarana prasarana desa. Fasilitasi sertifikasi infrastruktur desa, hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan desa. Fasilitasi koordinasi pembangunan, pengelolaan, dan pemeliharaan sarana prasarana desa.

“Pekerjaannya baik, mungkin sudah capai 70 persen jika dilihat dari progres pekerjaan. Secara kuantitas sesuai perencanaan. Namun, soal kualitas kita masih dalam kajian yang selanjutnya akan dievaluasi. Iya, mudah-mudahan pembangunan jalan paving block ini bisa dimanfaatkan warga,” sebut, Selvi saat diwawancarai awak media.

(Fidh)

Pos terkait