Berencana Salur Bantuan, Norma : Kita Lakukan Verifikasi Dahulu

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua com – Upaya pemerintah dalam bentuk bantuan untuk wadah koperasi aktif guna pemulihan ekonomi warga masyarakat, segera disalurkan Dinas Perdagangan Perindustrian (Disperindag) Koperasi dan UMKM Kabupaten Bolaaang Mongondow Timur (Boltim).

Seperti dituturkan, Kepala Disperindag Koperasi UMKM Boltim, Norma Linggama untuk tahun ini ada 27 koperasi yang aktif. Nah, dari jumlah koperasi tersebut ada 17 koperasi dapat pemberdayaan dalam bentuk bantuan.

Bacaan Lainnya

Sebelum diserahkan bantuan, kata Norma, kita lakukan verifikasi lapangan sehubungan apakah koperasi-koperasi benar adanya. Dan sesuai kriteria mendapat bantuan, semisal aktif dan ada kegiatan mereka.

“Sebab, salah-satu indikasi koperasi sehat adalah melakukan rapat anggota tahunan. Nah, berarti koperasi tersebut aktif. Itulah tujuan kita melakukan verifikasi langsung sebab kita ada tim verifikasi yang sudah turun sejak 2 pekan kemarin. Setelah data verifikasi valid, dilaporkan kepada Pak Bupati untuk diterbitkan SK nama penerima bantuan” jelasnya, pada Rabu (8/09).

Anggaranya sekitar Rp 300 juta, bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2021. Tujuan bantuan ini, untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Ini upaya atau langkah pemerintah guna meningkatkan ekonomi.

“Bantuanya berupa laptop, printer, lemari serta meja biro untuk menunjang kegiatan koperasi. Karena, koperasi yang ada di Boltim kebanyakan bergerak bidang usaha. Semisal ada koperasi serba usaha UMKM, koperasi tani, dan perikanan. Dalam waktu dekat, bantuannya disalurkan,” ujarnya, saat disambangi dirua kerjanya siang tadi.

(Fidh)

Pos terkait