MOU Basarnas Manado dan SAR Dog Indonesia, Demi Pelayanan

  • Whatsapp

Minahasa Utara, detikawanua – Guna meningkatkan pelayanan dalam pencarian dan pertolongan, Basarnas Manado dan Sar Dog Indonesia gelar MOU bersama.

Personel Basarnas Manado bersama Sar Dog Indonesia, Di Kantor Basarnas di Kabupaten Minahasa Utara, Senin 2 Juli 2021

Basarnas Manado selaku penanggung jawab dalam operasi sar selalu membuka diri bekerja sama dengan semua pihak.

Bacaan Lainnya

Langkah tersebut dilakukan Basarnas Manado, guna peningkatan layanan yang tepat cepat dan terukur.

Koordinasi terbuka tersebut bekerjasama dengan seluruh potensi yang sering terlibat dalam pencarian operasi sar.

Salah satunya MOU antara Basarnas Manado bersama Sar Dog Indonesia, yang berlangsung di Kantor Basarnas di Kabupaten Minahasa Utara pada Senin, 2 Agustus 2021.

MOU Basarnas Manado Dengan Sar Dog Indonesia

Dalam kerjasama tersebut banyak yang perlu di perhatikan bersama dalam pencarian dan pertolongan korban, baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal di reruntuhan gedung atau korban tanah longsor yang sangat di butuhkan sekali dengan indra penciuman yang kuat untuk menemukan korban.

Dimana Basarnas Manado dalam beberapa kali operasi tanah longsor, sangat kesulitan saat melakukan pencarian korban.

Hal tersebut menjadi kendala tim sar, di karenakan pencarian dilakukan secara manual sehingga keberadaan korban sulit ditemukan.

Dengan adanya kerja sama dengan Sar Dog Indonesia, diharapkan bisa membantu pencarian apabila pada saat terjadi bencana atau musibah gedung runtuh atau tanah longsor.

Targetnya sSar Dog Indonesia akan melaksanakan pelatihan bersama dengan Basarnas Manado yang di rencanakan di gelar tahun depan.

Manfaat dari pelaksanaan itu guna mendukung penuh proses pencarian ke depannya , sebagai syarat wajib yang harus ada dalam kerja sama tersebut.

Sementara itu Suhri N Sinaga selaku Kepala Kantor Basarnas Manado mengatakan sangat mendukung dengan kerja sama yang dilakukan.

“Dengan terjalin MOU ini, kami harapkan bisa saling berkoordinasi bersama untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Suhri saat di temui di Kantor Basarnas Manado.

Suhri menambahkan tempat pelatihan anjing yang dilatih khusus Sar Dog Indonesia hanya terdapat di Sulawesi Utara, kerja mereka sangat mendukung dalam misi pencarian dan pertolongan.

“Sar Dog Indonesia ini satu satu nya yang ada di Sulawesi Utara untuk tempat pelatihan anjing yang dilatih khusus dalam misi pencarian dan pertolongan, sebelum MOU,” tutur Suhri.

Sar Dog yang berkunjung ke Kantor Basarnas Manado, sudah beberapa kali unjuk kebolehan dalam pencarian korban yang masih hidup atau yang sudah meninggal.

“Kami selalu terbuka bagi masyarakat atau organisasi yang ingin menjalin kerja sama untuk peningkatan pelayanan dalam pencarian dan pertolongan atau yang membahayakan jiwa manusia,” tandas Suhri.**

Pos terkait