Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
ADVETORIALKESEHATANPOLITIK/PEMERINTAHAN

Peduli Kesehatan Masyarakat di Kab/Kota, Gubernur Olly Tinjau Langsung Vaksinasi Bersama Forkopimda

×

Peduli Kesehatan Masyarakat di Kab/Kota, Gubernur Olly Tinjau Langsung Vaksinasi Bersama Forkopimda

Sebarkan artikel ini

Manado, detiKawanua.com – Kehadiran Gubernur mendorong mempercepat kuota vaksin yang ditargetkan segera tercapai. Bahkan lebih dari itu, kehadiran Gubernur sangat mempengaruhi masyarakat dalam memberi diri divaksin dan sadar vaksinasi itu penting menangkal Covid-19 apalagi varian baru virus Delta yang telah merajalela.

Salut kepada Pemprov Sulut Gubernur Olly atas sinergitas dengan Forkopimda telah turun langsung melihat dari dekat vaksinasi yang diawali di Kabupaten Minahasa pada 18 Juni 2021. Gubernur Olly Dondokambey SE meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 bagi masyarakat umum di Desa Ranowangko Kecamatan Kombi.

Selanjutnya pada 21 Juni 2021,
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven OE Kandouw dan jajaran Forkopimda Provinsi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Balai Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga Kota Bitung.

Gubernur Olly mengungkapkan bahwa Pemprov Sulut menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjumlah 100 ribu vaksin, hingga akhir bulan Juni 2021. “Target itu bisa tercapai, jika seluruh 15 kabupaten/kota se-Provinsi Sulut punya target setiap hari, berapa banyak jumlah warga yang divaksinasi Covid-19,” ungkapnya.

Gubernur memberikan apresiasi kepada Pemkot Bitung atas upaya yang dilakukan, dan berharap agar dapat diteladani oleh kabupaten/kota lain di Sulut.

“Seperti di Kota Bitung punya target 1.000 orang per hari. kabupaten/kota lain harus mengikuti jejak Pemkot Bitung dalam percepatan vaksinasi Covid-19 dengan melibatkan semua pihak,” tambahnya.

Untuk memperlancar proses vaksinasi di Sulut, Gubernur meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk fokus pada pelaksanaan vaksinasi, dan Pemprov Sulut akan mendukung dengan menyediakan pasokan vaksin. “Kabupaten/kota fokus saja mengajak masyarakat untuk mau divaksin agar semua masyarakat terlindungi. Soal stok tidak usah kuatir, itu urusan saya. Mudah-mudahan minggu depan, akan ketambahan lagi vaksin dari pemerintah pusat. Ditambah dengan stok 100 ribu yang ada saat ini,” tandas Gubernur yang saat itu juga didampingi Sekdaprov Edwin Silangen, pejabat Pemprov Sulut dan pejabat Pemkot Bitung.

Selanjutnya, di Minahasa Utara, Gubernur didampingi Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA, melakukan peninjauan serbuan Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Lantamal VIII di Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL di Desa Talise, Kabupaten Minahasa Utara, Senin 21 Juni 2021.

Gubernur Olly pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. “Saat ini kita laksanakan salah satu program Kampung Bahari Nusantara yaitu cluster kesehatan, dimana semua masyarakat yang berada di KBN Talise kita berikan vaksin Covid-19,” ujar Gubernur Olly.

Selain di KBN TNI AL Desa Talise, dengan menggunakan jet ski Gubernur Sulut bersama dengan Forkopimda Provinsi Sulut juga melakukan peninjauan serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat yang berada di beberapa pulau di antaranya Pulau Gangga, Lihaga dan Pulau Talise.

Saat mengunjungi Pulau Talise rombongan Gubernur mengunjungi kegiatan vaksinasi di Kampung Bahari Nusantara Talise.

Gubernur menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah untuk vaksinasi Covid-19 dan tetap menjaga kesehatan terutama dengan melaksanakan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kegiatan vaksinasi di Kampung Bahari Nusantara Talise melibatkan puluhan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dengan ratusan dosis vaksin Astrazeneca. Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekprov Sulut, Kapolda Sulut, Pangdam XIII/Mdk, Danrem 131/Santiago, Danlanudsri, Kajati Sulut, Kabinda Sulut, Bupati Minahasa Utara, Aspotmar Danlantamal VIII, Asintel Danlantamal VIII, Kadiskes Lantamal VIII, Kadispotmar Lantamal VIII dan pejabat Pemprov Sulut.

Sementara di Kabupaten Kepulauan Talaud, Gubernur Olly dan Forkopimda meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19, Kamis 24 Juni 2021.

Kedatangan Gubernur Olly bersama rombongan di Bandara Melonguane disambut Bupati Talaud Elly Lasut disertai dengan tarian adat Porodisa.

Selanjutnya Gubernur bersama jajaran Forkopimda menuju Desa Kakorotan Kecamatan Nanusa (wilayah perbatasan) Kabupaten Kepulauan Talaud dengan menggunakan KRI Kakap.

Di Desa Kakorotan, Gubernur Olly langsung memantau pelaksanaan vaksinasi yang sudah memasuki hari kelima. Setiap harinya ada sekitar 30 orang disuntik vaksin.

Melihat antusias masyarakat, Gubernur optimis target yang ditetapkan oleh pemerintah desa sejumlah 500 orang, akan dapat dipenuhi. “Sebelumnya kita sudah meninjau di Manado dan sekitarnya. Sekarang di Sangihe, Talaud, seluruh masyarakat divaksin agar supaya mereka tidak takut menerima tamu karena mereka sudah kebal, sehingga ekonomi dapat berjalan,” tutur Gubernur.

Gubernur Olly mengatakan, vaksin dilakukan bagi seluruh masyarakat di pulau untuk mencegah terjangkit Virus Corona. Olehnya pelaksanaan vaksinasi di daerah kepulauan menjadi prioritas.

“Saya pesan seluruh warga di pulau, jangan takut divaksin. Supaya di sini tidak ada hambatan, tidak takut terjangkit dengan Virus Corona. Untuk kekurangan vaksin,” ujar Gubernur, akan di-drop lagi Nakes (tenaga kesehatan) untuk lakukan vaksin massal.

Diketahui, hingga kini pelaksanaan vaksin di Sulut, sudah berada di angka 400 ribu. “Target kami 1,4 juta penduduk di Sulut atau 70 persen tercapai hingga bulan Desember 2021,” tandasnya.

Di Minsel, Gubernur Olly tampak didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sulut, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, pada Jumat 25 Juni 2021, meninjau pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Desa Makaroyen Kecamatan Modoinding, Minsel. Gubernur menyampaikan, Pemprov Sulut tetap serius menangani pandemi Covid-19 di bumi Nyiur Melambai yaitu dengan pelaksanaan vaksinasi melalui Satgas Covid-19 yang terus memacu penyuntikan vaksin ke masyarakat dengan menetapkan target 100.000 orang divaksin dalam dua pekan ini.

“Bulan Juni 100.000 sejak Minggu kemarin. Ternyata mendekati target,” tuturnya.

Gubernur optimis target dapat dicapai karena didukung oleh kabupaten/kota yang mematok target vaksinasi ribuan orang per hari.

Dengan demikian, Gubernur menargetkan jika pasokan vaksin dari pusat lancar, maka 1,2 juta warga Sulut dapat menerima vaksin hingga Desember 2021. Dan sampai Desember, kalau vaksinnya ada maka 1.2 juta orang divaksin.

Berikut ini catatan sejumlah wilayah yang sudah dikunjungi Gubernur Olly bersama Forkopimda Sulut:

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Ranowangko Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa, 18 Juni 2021.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Bitung, 21 Juni 2021.

Meninjau vaksinasi di Pulau Talise, Minahasa Utara, 21 Juni 2021.

Pelaksanaan vaksinasi di Desa Kakorotan Kecamatan Nanusa, Talaud, 24 Juni 2021.

Meninjau vaksinasi di Desa Makaroyen Kecamatan Modoinding, Minsel, 25 Juni 2021.

(Advetorial/Dinas Kominfo Daerah Sulut).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.