Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Harapan Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni merupakan memontum bersejarah yang di tandai dengan pidato Presiden RI pertama Ir. Soekarno pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai dasar negara Indonesia merdeka. 

Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila adalah nilai yang mendasar untuk dijadikan sebagai pedoman peraturan dan dasar dari norma-norma hukum yang berlaku di Indonesia.

Di HUT Pancasila yang ke -76 tahun ini, salah satu legislator Sulut, Herol VresLy Kaawoan memaknai Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara, tetapi merupakan sebuah ideologi dan pandangan hidup dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila itu jangan hanya dianggap sebagai slogan semata, tetapi harus dimaknai setiap butir-butirnya untuk diimplementasikan dalam aktivitas setiap individu untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Herol Kaawoan, Senin (31/05).

Legislator Dapil Minahasa – Tomohon dari partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini berharap, Penguatan ideologi Pancasila harus ditekankan saat usia dini kepada anak-anak dan remaja untuk menghilangkan paham radikalisme.

“Melihat perkembangan di era digitalisasi saat ini ada dampak negative yg ditimbulkan antara lain anak-anak mulai kehilangan kreatifitas dikarenakan Semua serba instan untuk mencari informasi dan pengetahuan. Oleh sebab itu, penguatan pemahaman Pancasila itu di sekolah sangat penting ditekankan pada anak-anak dan remaja untuk mengcounter paham radikalisme . Apalagi banyak saya temukan di jaman sekarang ada yang tidak menghafal Pancasila dan urutan silanya,” jelasnya.

Dikatakannya, Hari Lahir Pancasila sudah seharusnya kita rayakan setiap tahunnya karena Pancasila merupakan jiwa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia sebagimana yang disampaikan bapak Proklamator Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

“Saya Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut, Herol VresLy Kaawoan mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2021. Semoga Indonesia semakin Hebat, Sulawesi Utara Hebat, dan Rakyat Semakin Makmur-Sejahtera,” tandasnya.

(Enda)

Pos terkait