Pemkab Tandatangani Kerja Sama Dengan BNI 

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS), penerbitan dan pengelolaan Kartu Combo-Taplus Combrand Pasar Tani Nelayan (Pastene), dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Cabang Tahuna, Rabu (14/4).

Pada kesempatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Herry Wolff, Asisten II Grogoriuos Londo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tadjudin Sainkadir.

Bacaan Lainnya

Sekda dalam sambutannya mengatakan, disadari bersama bahwa kegiatan ini merupakan keinginan bersama Pemkab Sangihe dengan PT BNI, yang selama ini betul-betul menunjang program Pemerintah.

“Saya atas nama Bupati mengucapkan terima kasih atas peran PT BNI selama ini,” kata Wolff.

Pastane dalam artian lanjut dijelaskannya, bahwa dikombinasikan pada semua pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Semua itu aktivitas penjualannya produk lokal di daerah.

“Diharapkan bisa memanfaatkan teknologi terbaru dengan proses digitalisasi,” ujar dia.

Sementara itu Kepala PT BNI Cabang Tahuna Timotius Herman mengungkapkan, jadi untuk peluncuran kartu Kartu Combo-Taplus Combrand Pastane ini, tinggal menunggu disign terbaru. Tapi ini akan membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga bulan.

“Karna kami memerlukan ijin dari EJK, itu akan disuntik dalam sistem yang ada pada kami. Sehingga masyarakat Sangihe dimana pun berada bisa mendapatkan kartu Pastane ini,” jelas dia.

“Ini tidak terbatas bagi masyarakat yang notabenenya yang ada di sini. Jadi masyarakat Sangihe yang ada di luar Sangihe misalnya di Manado, dia memiliki kartu Pastane juga dapat digunakan,” sambung dia.

Sedangkan untuk pengurusannya dia menambahkan, itu sama seperti membuka kartu rekening. Mengisi formulir, dan kedepan akan diupayakan bisa melakukan agen.

“Kartu ini diperuntukkan bagi semua masyarakat Kabupaten Sangihe. Dimana, bisa dipakai saling transfer seperti ATM bahkan pembayaran secara online,” ungkap Timotius.

Ini juga bisa dilakukan oleh Pemerintah, misalnya memberikan bantuan kepada masyarakat. Itu bisa dilakukan melalui kartu Kartu Combo-Taplus Combrand Pastane ini.

“Maka pemerintah tidak perlu memberikan secara cash lagi kepada masyarakat, tinggal melalu kartu tersebut,” kuncinya. (Js)

Pos terkait