Disaksikan Gubernur, Pengurus Wilayah GP Ansor Sulut Dilantik Gus Yaqut

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Bertempat di Hotel Aryaduta, Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulut periode 2020-2024 resmi dilantik, Minggu (04/04).

Pelantikan tersebut disaksikan langsung Gubernur Olly Dondokambey, Sekertaris Provinsi Edwin Silangen, Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen, Walikota terpilih Andrei Angouw dan perwakilan TNI/Polri.

Dalam sambutannya, Ketua PW GP Ansor Sulut, Yusra Alhabsyi menyampaikan, Ansor Sulut tidak sebatas pada kaderisasi, tetapi wajib menjaga NKRI dan menyebarkan Islam Aswaja dan Islam yang moderat.

menurut Alhabsyi, ini harus dilakukan untuk menangkal paham-paham radikal yang bisa merongrong kedamaian NKRI.

“Karena kami menyadari jika hal ini tidak kita lakukan, maka benih dan paham radikal dalam agama akan menyebar dan merajalela yang merusak kedamaian Sulut khususnya dan Indonesia umumnya. Sehingga bersama pemerintah berupaya menjaga kedamaian,” ujarnya.

Sementara itu, Ketum Pimpinan Pusat GP Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menegaskan, kecintaan Ansor dan Banser untuk NKRI tidak diragukan lagi. Bagi Ansor, NKRI adalah warisan dari nenek moyang.

“Warisan ini adalah harga diri, dan jika harga diri kami diganggu atau dijatuhkan oleh kelompok-kelompok yang mengganggu kedamaian Indonesia, Ansor Banser siap melawannya,” ujar Gus Yaqut yang juga merupakan Menteri Agama RI.

“Kalau tidak ada perbedaan, itu bukan NKRI. Sehingga, keberagaman tersebut baik Suku maupun agama wajib dijunjung dan dijaga bersama dengan rasa toleransi yang tinggi. Karena Indonesia penuh dengan perbedaan dan keberagaman maka wajib kita jaga. Begitu halnya menjaga ulama, karena ulama tidak pernah berpaling dari NKRI,” tambahnya.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dalam sambutannya memgucapkan terima kasih atas peran GP Ansor dalam menjaga Kerukunan di Sulut selalu berada di garis terdepan.

“Saya juga meminta peran serta dari Ansor dan Banser tetap menjaga kedamaian di Sulut. Pemprov sulut selalu memberikan support apa yang menjadi buah pikiran Ansor, apapun itu, untuk kemajuan dan kedamaian masyarakat Sulut,” kata Olly.

Disamping itu, Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Ansor yang turut membantu dalam kemenangan pasangan OD-SK di Pilkada Sulut kemarin.

“Terima kasih atas dukungan GP ansor untuk kedua kalinya. Biasanya di Bolmong kami kalah, tetapi sekarang kami menang. Pengaruh GP Ansor ini sangat besar untuk kemenangan OD-SK,” ungkap Olly.


(*/Enda)

Pos terkait