BPN Boltim Gelar Silaturahmi, Buka Puasa Bersama Insan Pers

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar acara buka puasa bersama para insan pers Boltim pada Kamis (23/04) pekan kemarin, tepat di Kanto BPN di desa Tombolikat Selatan kecamatan Tutuyan.

Kepala Kantor BPN Boltim, Yandry D.R Rory S.SiT MSi menuturkan, dengan diadakannya acara buka puasa bersama insan pers (wartawan-red) ini dengan tujuan, guna menyambung tali silaturahmi kita antar wartawan dengan kantor pertanahan di Boltim.

Bacaan Lainnya

Lanjut Yandry katakan, disamping itu, kita bisa menjelaskan apa saja program-program kegiatan pertanahan di tahun ini.

“Kegiatan atau program kita saat ini, melaksanakan sertifikasi tanah untuk rakyat. Melalui kegiatan pendasaran tanah sistimatis lengkap, dan di tahun ini target kita sebanyak Lima Ribu bidang yang lokasinya berada di Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Modayag,” ujar Yandri kepada media ini.

Konsep pendasaran tanah sistimatis lengkap itu, kata Yandri bahwa, harus memetakan satu desa lengkap, biasanya kegiatan ini dikenal dengan Proyek Nasioanal (Prona). Prona itu, biasanya targetnya hanya sedikit, satu desa hanya mendapat jata sekira 25 bidang, dan satu kabupaten biasanya hanya mendapat jatah sekitar 500 bidang.

“Saat ini konsepnya itu, kalau misalnya satu desa itu akan kita laksanakan kegiatan pendasaran sistimatis lengkap, itu memang semuanya. Dan semua bidang tanah itu dipetakan kemudian, target dalam satu desa itu tidak terbatas, itu akan diterima semua. Karena tujuannya, untuk membuat peta desa lengkap. Jadi, mungkin itu salah-satu diantar sekian banyak program kegiatan dari BPN saat ini “Kenapa masih kecamatan Kotabunan dan Modayag, karena dua Kecamatan ini dinilai semua desa belum lengkap, kita belum petakan secara utuh dan kita sambung lagi tahun ini agar menjadi lengkap,” terang Yandry.

(Fidh)

Pos terkait