Pinogaluman Bakal Masuk Kawasan LOKPRI

  • Whatsapp

Sekda Bolmut, Dr. Drs. Asripan Nani.

BOLMUT, detiKawanua.com – Kecamatan Pinogaluman Yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bakal Masuk dalam kawasan atau Lokasi prioritas (Lokpri) dalam pengembangan kawasan perbatasan.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Daerah Bolmut melalui Sekretaris daerah (Sekda) Bolmut Dr. Drs Asripan Nani, M. Si mempersentasikan pinogaluman menjadi LOKPRI di hadapan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementrian PUPR RI di jakarta. Senin (15/02/2021)

“Kondisi perbatasan pinogaluman yang saat ini mengalami darurat abrasi pantai di desa Buko, Buko Utara dan Tobulang Pantai,”Ungkap Asripan Nani dihadapan BNPP dan Kementerian PUPR.

Dia Juga menyampaikan bahwa kondisi abrasi pantai sangat mendesak untuk segera di tangani untuk pembuatan tanggul penahan ombak, sebab sangat menghawatirkan terhadap penduduk setempat yang terdampak.

“Kondisi daerah aliran sungai (DAS) sungai andagile yang berada di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut, serta kondisi kesehatan pendidikan dan pasar rakyat kecamatan Pinogaluman menjadi bagian yang di persentasikan untuk mendapat perhatian dari Kementerian,” jelas Sekda.

Sekda juga memaparkan kondisi bencana dan upaya penanggulangannya di beberapa wilayah yaitu ,pembangunan tanggul penahan abrasi sungai di kecamatan sangkub-Bintauna dan kecamatan bolangitang timur, bolangitang barat.

“Serta pembangunan jembatan goyo sebagai satu-satunya akses jalan masyarakat setempat yang juga menjadi sentra pertanian di kecamatan Bolangitang Barat,” kata Asripan.

Perlu diketahui, DEPUTI BNPP dan Kementerian terkait, dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Bolmong Utara sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana yang terjadi. (i***)

Pos terkait