Pande dan Gaghaube Diminta Mendaftar Calon Sekda

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Pada akhirnya pemeriksaan berkas administrasi Panitia Seleksi (Pansel), Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe menyisahkan dua nama yang lolos yaitu Melancthon Harry Wolff dan Joppy Thungari.

Hal ini diumumkan melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Kepulauan Sangihe, Rabu (23/09/20). Menurut Kepala BKPSDM Steven Lawendatu, kedua nama tersebut keluar sebagai hasil pemeriksaan berkas administrasi dari 5 berkas pejabat yang masuk sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Meski begitu berdasarkan aturan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) nomor 52 tahun 2020 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah di tengah pandemi covid-19 harus memenuhi kuota 3 orang.

“Apabila sampai pengumuman pertama belum mencukupi kuota 3 orang calon yang memenuhi syarat pada tahap seleksi administrasi, maka akan ada perpanjangan waktu bagi pelamar. Hal ini sudah kami terapkan, dan disosialisasikan kembali,” Kata Lawendatu, Kamis (24/9/2020).

Oleh karena itu pendaftaaran dibuka kembali mulai Jumat (25/09/20), hingga Selasa (29/09/20), karena hari sabtu dan minggu, tidak terhitung hari kerja,” Lanjut dia.

Masyarakat kepulauan Sangihe sebenarnya masih menanti dua pejabat senior di antaranya yang menjabat saat ini Kepala Inspektorat, N R Pande SH, ME,  dan Ir Felix Gaghaube selaku Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah. Pande atau Gaghaube, dinilai menjadi figur paling potensial berdasarkan pangkat dan pengalaman karir birokrasi yang cukup panjang untuk menjabat sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal ini juga disentil oleh tokoh pemuda Sangihe, Asril Tatande.

“Perpanjangan pendaftaran ini memberikan peluang kepada pebajat-pejabat senior seperti NR Pande dan Felix Gaghaube untuk mengambil peran dalam persaingan merebut kursi Sekda kepulauan Sangihe. Keduanya mumpuni, penuh dengan pengalaman. Meski Thungari dan Wolff juga merupakan dua figur yang tak harus untuk diragukan. Intinya silakan pejabat-pejabat senior  mendaftar juga,” kata Tatande ketika memberikan komentar.

Ir Felix Gaghaube tak berkomentar banyak saat dihubungi lewat telelepon. “Saya beryukur dengan segala kepercayaan yang sudah diberikan bapak Bupati hingga saat ini, dan tentu segalanya harus dijalani dengan penuh tanggungjawab,” Begitu ungkapnya singkat.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Kepulauan Sangihe, Steven Lawendatu, mengatakan selesai jadwal perpanjangan, pendaftaran akan dilanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan.

“Jadi, apabila memang tidak ada yang memasukan berkas hingga waktu yang kembali diagendakan ini, maka Pak Harry Wolff dan Pak Joppy Thungari yang akan lanjut ke pemeriksaan kesehatan,” Kuncinya. (Js)

Pos terkait