33 Relawan Demokrasi, Dikukuhkan KPU Boltim

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Tiga Puluh Tiga relawan demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020, dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Selasa (15/09).

Kepada sejumlah awak media, komisioner KPU Boltim Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Terry Suoth mengatakan, relawan demokrasi akan disebar di 10 basis yang ada di 7 kecamatan. “Relawan demokrasi, tidak terfokus disatu kecamatan saja. Tetapi, mereka menyebar disemua kecamatan,” terang Terry.

Bacaan Lainnya

Tugas utama relawan demokrasi, katanya, yakni untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada. Dan tentunya, untuk menaikkan partisipasi pemilih “Yang pertama relawan demokrasi tentunya, menjadi mitra kerja KPU Boltim. Kemudian dengan adanya relawan demokrasi, partisipasi masyarakat sipil dalam pesta demokrasi meningkat,” jelasnya.

Dia menambahkja, tugas-tugas relawan demokrasi juga mengembalikan kepercayaan publik terhadap KPU. Dan pelaksanaan pemilihan ini, masyarakat tidak perlu takut dengan virus corona atau covid-19.

“Karena Pilkada kali ini, walaupun ditengah pandemi covid-19, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Juga Pilkada kali ini, saya yakin lebih berkualitas dengan adanya relawan demokrasi. Dan untuk masa kerja relawan demokrasi selama 3 bulan, dari 9 September sampai 9 Desember 2020,” ujar Dia.

Target nasional tingkat pemilih 77,5 persen untuk Pilkada tahun 2020, dijelaskannya, jika dibandingkan tahun 2019 lalu pada Pemilihan legislatif (Pileg) angka partisipasi pemilih di Boltim mencapai 92 persen.

“Kita maksimalkan dulu, apa yang menjadi target nasional kemudian kita juga berusaha juga untuk melebihi target nasional,” ucap Terry.

Pantauan media ini, usai pengukuhan relawan demokrasi dilanjutkan dengan bimbingan teknis, bagi 33 relawan demokrasi yang menghadirkan pemateri dari KPU Provinsi Sulut, Salman Saelangi dan Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUAD) Sulut, Steven Kowaas.

(Fidh)

Pos terkait