Berikan Apresiasi Penganugrahan Tule Molantud Kepada Bupati, Yusri : Ini Sangat Tinggi Nilainya

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Penganugrahan gelar adat ‘Tule Molantud’ kepada Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar SH, menjadi perhatian masyarakat, lebih khusus dukungan serta apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim.

Seperti dikatakan Kepala Dikbud Boltim, Yusri Damopolii kepada media ini, bahwa saya sangat mendukung dan mengapresiasi penuh dengan pemberian atau penganugrahan gelar adat Tule Molantud kepada pak Bupati Boltim.

Bacaan Lainnya

“Pemberian gelar adat Tule Molantud kepada pak Bupati ini, sangat tinggi nilainya didalam adat dan tradisi Bolaang Mongondow. Ini suatu kehormatan bagi Pak Bupati,” ujarnya.

Keragaman suku dan etnis dengan tradisi, dan budaya yang khas di Bolaang Mongondow harus kita jadikan sebagai keunggulan. Dari nilai-nilai budaya positif dari warisan nenek moyang kita, merupakan kearifan lokal yang memang harus lestarikan, dan kita pelihara.

“Pengembangan tradisi budaya sangat penting. Patutlah kita bersyukur, karena budaya kita di Bolaang Mongondow masih sangat kental. Ini yang harus kita sama-sama pertahankan,” ujar Yusri, usai acara tersebut saat bersua awak media ini

Lanjutnya tuturkan, masyarakat Bolaang Mongondow memiliki budi pekerti yang luhur, budaya yang mulia, tradisi atau adat istiadat. Sehingga sikap dan karakter kita sebagai etnis mengondow terkenal dengan semboyan ‘Mo’oaheran Bo Mobobahasa’an (saling santun dan menghormati-red).

“Kita harus memegang teguh adat budaya daerah kita. Jangan biarkan budaya serta adat kita ini, terkikis dan terpengaruh oleh budaya global. Mari kita lesatarikan bersama, budaya adat daerah yang kita cintai ini. Salam Mototanoban, Mototompiaan Bo Motatabian,” jelasnya.

Sekali lagi, saya ucapan apresiasi dukungan kepada Pak Bupati Boltim sebagai ‘Tule Molantud’. Juga seluruh lembaga adat atas anugerah gelar adat yang telah diberikan kepada Pak Bupati, saya ucapkan terima kasih.

“Terima kasih serta apresiasi kepada Empat etnis yang ada di Bolaang Mongondow Raya yakni etnis Mongondow, etnis Bintauna, etnis Kaidipang Besar serta etnis Bulango yang telah memberikan anugerah gelar adat ini kepada Bupati Boltim,” tutur Yusri (20/07) siang tadi. (Fidh)

Pos terkait