Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, PWI Boltim Kembali Gelar UKW Ketiga

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan kembali menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-3 untuk kelas Madya dan kelas Muda, pada akhir tahun 2020 ini.

Ketua PWI Boltim, Faruk Langaru mengatakan, untuk rencana pelaksanaan UKW telah dibentuk pantia. Ketuanya Mudrik Mamonto dan Bendahara Riswan Hulalata.

Bacaan Lainnya

“Panitia ini nantinya, yang akan bekerja untuk pengumpulan dana sampai terlaksananya kegiatan UKW,” jelas Faruk, pada Jumat (26/06) akhir pekan kemarin.

Lanjut dikatakannya, UKW merupakan bagian penting dari rekonstruksi tugas-tugas wartawan sehari-hari. Terlebih saat ini jumlah wartawan yang bertugas di wilayah Boltim sudah cukup banyak. “Banyaknya wartawan, harus juga diuji kompetensinya melalui UKW,” ucap Faruk.

Pemimpin Redaksi POSTotabuan.com ini di juga menuturkan, melalui UKW maka dapat meningkatkan profesionalisme wartawan, merekonstruksi kesadaran, tanggungjawab profesi dan memiliki integritas profesi kewartawanan.

“Sesuai dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 01/DP/II/2010, tertanggal 2 Februari 2010, wartawan harus memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan (SKW),” terang Faruk.

Sementara, Ketua Panitia Mudrik Mamonto menambahkan, dalam rencana kegiatan UKW akan dilaksanakan akhir tahun 2020 ini.

“UKW sangat penting untuk meningkatkan kemampuan, sejauh mana kompetensi wartawan dalam menjalankan tugasnya untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berpedoman pada Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 tentang pers serta kode etik jurnalis,” ujar Mudrik.

(Fidh)

Pos terkait