Terjatuh Dilaut, Seorang ABK Berhasil Ditemukan

  • Whatsapp

Minahasa Utara, detiKawanua – Seorang anak buah kapal (ABK) terjatuh dilaut dipelabuhan Munte Kabupaten Minahasa Utara, pada sabtu dini hari 13 juni 2020. Tim Sar pun langsung melakukan pencarian bersama sejumlah kru kapal.

Mendapat laporan insiden yang membahayakan jiwa manusia terkait jatuhnya seorang abk dilaut dipelabuhan Munte, Basarnas Manado segera bergerak guna melakukan pencarian dengan membawa peralatan selam ke lokasi yang dimaksud.

Bacaan Lainnya

Korban bernama Daniel Tahulinding warga Madidir lingkungan dua Kota Bitung, yang merupakan abk KM Betania Sejahtera. Korban diketahui terpleset dari atas kapal lalu terjatuh tercebur kelaut pada sabtu dini hari sekitar pukul 01.35 wita.

Setibanya di lokasi tim langsung berkoordinasi dengan kapten kapal untuk mendapatkaan kronologis kejadian dan ciri ciri korban. Tim di bagi beberapa SRU (Search and Rescue Unit) guna mempercepat penemuan korban.

Pencarian di lakukan dengan penyisiran dengan perahu karet dan penyelaman, tim sar gabungan seperti, Basarnas, Polisi, TNI, Bpbd, KPLP dan Masyarakat setempat yang bahu membahu melaksanakan pencarian bersama, ada yang menggunakan perahu sendiri dan ada yang melakukan penyelaman secara manual menggunakan kompresor di sekitar titik lokasi kejadian jatuhnya korban.

Banyaknya tim yang terlibat dalam pencarian, pada pukul 10.36 wita korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa. Jenazah korban langsung di evakuasi tim sar gabungan dan di serahkan ke pihak keluarga untuk di semayamkan.

Kepala kantor Basarnas Manado, Suhri N Sinaga mengapresiasi semua tim yang terlibat di lokasi sehingga pencarian korban cepat di temukan, meski kondisi korban sudah meninggal dunia.

“Dimasa pandemik Covid-19, Basarnas Manado siap siaga apabila menerima laporan yang membahayakan jiwa manusia, tim akan kami gerakan, dan itu sudah menjadi tanggung jawab kami untuk membantu melakukan pencarian dan pertolongan. sekali lagi kami mengapresisi setinggi – tingginya kepada tim yang terlibat di lapangan untuk membantu pencarian korban An Daniel Tahulinding walau korban di temukan dalam keadaan meninggal”(*)irz.

Pos terkait