Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
KESEHATANMANADOPOLITIK/PEMERINTAHAN

Keseriusan Pemprov Sulut Bantu APD Di Kab Kota Termasuk Manado

×

Keseriusan Pemprov Sulut Bantu APD Di Kab Kota Termasuk Manado

Sebarkan artikel ini

Manado, detiKawanua.com

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara secara terintegrasi berusaha menangani penyebaran Covid 19 dengan segala daya yang ada.

Salah satunya adalah dengan menyalurkan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan Rapid Test ke seluruh Rumah Sakit Rujukan dan RS Penunjang Rujukan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kota di Sulut.

Menurut Karo Pemerintahan dan Otda Pemprov Sulut Jemmy Kumendong, bantuan APD saat ini di bagikan dalam dua Tahap.

“Tahap pertama penyalurannya diprioritaskan bagi ke RS Rujukan dan RS Penunjang Rujukan baik RS Pusat, RS Daerah maupun RS Swasta yang sebagian besar terdapat di Kota Manado. Pembagian APD tahap 1 ini sesuai dengan grafis, dan Pembagian APD Tahap 2 ke seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten Kota. Khusus untuk Dinas Kesehatan Kota Manado bantuannya adalah; APD Cover All Suit 50 buah, APD Jas Hujan 10 buah, Masker 210 dos dan sepatu boot 10 buah. Selanjutnya juga telah dibagikan ke Dinas Kesehatan Kota Manado sebanyak 150 test Kit,” kata Kumendong.

Lanjut Karo Kumendong, Pemprov juga mendorong Bupati dan Walikota agar melakukan pengadaan APD, terutama bagi tenaga kesehatan yang melaksanakan tugas di Puskesmas masing-masing. Hal ini sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan yang telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Forkompimda Provinsi dengan dgn para bupati dan walikota bersama unsur Forkompimda Kabupaten Kota se Sulawesi Utara melalui Video Conference pada tanggal 31 Maret yang lalu.

“Untuk itu maka seluruh Kabupaten Kota didorong agar menggeser dan merefocusing anggarannya sesuai dengan mekanisme Permendagri Nomor 20 Tahun 2029 dengan memberikan prioritas terhadap perlengkapan kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam menangani Covid 19 seperti pengadaan APD bagi Puskesmas,” ungkap Kumendong.

“Pemerintah Provinsi menyadari bahwa jika ingin berhasil dalam penangan wabah Covid 19 ini, maka perlu kesatuan gerak, integrasi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota, TNI, Polri, Instansi Vertikal, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta seluruh elemen masyarakat,” sambungnya.

Untuk itu, Kumendong juga mengajak semua pihak menjaga kondusifitas daerah di tengah pandemi corona ini.

“Kita harus menjaga kondusifitas dan stabilitas Daerah, dgn tidak sembarangan membuat statement yg menyesatkan ditengah masyarakat dan lebih mengedepankan rasa aman dan nyaman serta kekompakan dalam memerangi Pandemi Covid 19 ini,” bebernya.

Lebih lanjut, Karo Pemerintahan dan Otda menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada TNI/Polri yang telah membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama ini, Selain itu apresiasi dan penghargaan juga diberikan bagi seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dan bekerjasama untuk mematuhi himbauan pemerintah utk social/physical distancing, WHF, SFH, beribadah divrumah, menggunakan masker, menyiapkan peralatan cuci tangan baik di perkantoran, tempat umum maupun di rumah sendiri, penyemprotan disinfektan dan kegiatan/aktivitas lain yang sangat membantu pencegahan penyebaran Covid 19 ini.

“Secara khusus Pemerintah Provinsi juga memberikan penghargaan dan apresiasi yang sangat besar terhadap para tenaga-tenaga kesehatan yang telah berjuang walaupun dengan taruhan nyawa utk mencegah penyebaran dan merawat para korban Covid 19, semoga upaya bersama ini mebuahkan hasil yang baik bagi kita semua,” tutup Kumendong.(tim/mild70)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.